Harga Emas Turun Ke Harga Terendah Dua Minggu Karena Penguatan Dolar

441

(Vibiznews – Commodity) – Harga emas dan perak kembali turun pada siang hari perdagangan Rabu di pasar AS, turun ke harga terendah dua minggu. Indeks dolar AS meningkat sampai menyentuh nilai tertinggi tiga setengah bulan.

Harga emas Juni di Comex turun $9.30 ke $1,321.80 dan harga perak Mei di Comex turun $0.183 menjadi $16.52 perounce.

Analisa fundamental yang sangat berpengaruh adalah menguatnya indeks dolar AS ke nilai tertinggi tiga setengah bulan, menembus resistant tertinggi harian. Penguatan dolar ini berakibat buruk terhadap harga logam mulia, investor meninggalkan emas beralih ke dolar. Salah satu faktor yang dapat menguatkan kembali harga emas yang memicu emas menjadi simpanan save haven adalah krisis geopolitik, namun keadaannya sekarang ini kelihatan masih tenang-tenang saja.

Pasar saham dunia turun di malam hari, sedangkan pasar saham AS melemah pada siang hari di New York. Para investor kurang tertarik berinvestasi di saham karena issue laporan pendapatan dari obligasi dan kekhawatiran peningkatan sukubunga dan inflasi.
Pendapatan obligasi pemerintah di negara-negara di dunia meningkat, di AS pendapatan dari US Treasury jangka waktu 10 tahun meningkat diatas 3% hari Selasa kemarin merupakan nilai tertinggi empat tahun, diikuti dengan kenaikan pendapatan dari obligasi AS pada hari Rabu.

Harga minyak mentah di NYMEX cenderung stabil diperdagangkan di sekitar $68 perbarel. Kenaikan harga minyak akan terjadi apabila pertumbuhan ekonomi menguat dan AS melanjutkan sanksi terhadap Iran, sehingga Iran sulit untuk menjual minyaknya kepada dunia.

Analisa tehnikal resistant pertama pada harga emas di harga tertinggi hari Rabu di $1,333.80 dan berikut ke tertinggi minggu ini di $1,337.60 sedangkan support di terendah hari ini di $1,320.20 dan berikut di $1,312.40.

Resistant pertama pada perak di harga tertinggi hari Rabu di $16.71 dan berikut ke $16.89 sedangkan support pertama di terendah hari Rabu di $16.475 dan berikut ke $16.25.

Harga tembaga Mei di New York turun 85 poin menjadi 313.35 sen, dengan resistant pertama pada harga tertinggi minggu ini di 311.75 sen dan berikut ke harga tertinggi April di 319.55 sen, sedangkan support di terendah hari Rabu di 311.65 sen dan berikut ke 310.00 sen.

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Loni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here