KSSK Resmi Berkantor di Gedung Juanda II Kemenkeu

293

(Vibiznews – Economy & Business) – Kantor Sekretariat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) baru saja diresmikan di Gedung Djuanda II Lantai 18 Kementerian Keuangan pada Senin, (21/05) oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bersama Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dan Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah

Dalam peresmian tersebut Menkeu mengatakan, Sekretariat KSSK bertugas untuk mendukung stabilitas sistem keuangan dan senantiasa selalu mampu menjaga stabilitas sektor dan institusi keuangan. Menkeu juga mengharapkan kerjasama dari empat institusi yang tergabung dalam KSSK untuk terus ditingkatkan.

“Saya mohon kepada Gubernur BI,  Ketua DK OJK, Ketua LPS dan seluruh anggota untuk mendukung kesekretariatan ini karena apapun yang terjadi kalau kita bicara tentang sistem keuangan kita tidak bisa lagi mengatakan ini persoalan kamu, saya nggak mau ikut serta. Sudah cukup banyak history menunjukkan bahwa kalau kita bicara tentang sistem keuangan, kita ada dalam satu perahu yang sama,” tegasnya.

Menkeu menambahkan keempat institusi yang tergabung dalam KSSK harus saling menjaga, saling mendukung dan saling melengkapi.

“Saya berharap kita semua pimpinan-pimpinan dari lembaga yang ada di dalam KSSK mendukung sepenuhnya sehingga mereka bisa berjalan secara efektif, mekanisme kerja silahkan dipangkas dan dinegosiasikan agar keempat institusi Ini bisa memberikan dukungan yang signifikan kepada KSSK,” tambahnya.

Sektor keuangan yang stabil dapat menciptakan sektor-sektor ekonomi yang tumbuh secara tangguh kompetitif dan kuat serta membuat struktur ekonomi menjadi makin  berdaya tahan terutama pada saat menghadapi goncangan.

“Jadi tugas kita tidak hanya sekedar melulu menjaga stabilitas, tapi bagaimana stabilitas itu kemudian bisa diterjemahkan dalam bentuk kemakmuran, kesejahteraan, kesempatan kerja, pengurangan kemiskinan, pemerataan dan perkuatan dari perekonomian Indonesia,” pungkas Menkeu.

 

Sumber : Kementerian Keuangan

Belinda Kosasih/Coordinating Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting Group

Editor : Asido Situmorang

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here