Pencapaian ATIC di Tiga Lini Bisnis Tahun 2017; Fokus Menuju Perusahaan IT Kelas Dunia

172

(Vibiznews – IDX) PT Anabatic Technologies Tbk (ATIC), sebagai salah satu perusahaan IT-SI terkemuka di Indonesia, sepanjang tahun 2017 telah berhasil meraih beberapa pencapaian dalam tiga lini bisnis utama perusahaan.

Salah satu lini bisnis tersebut adalah Mission Critical Digital Solution (MCDS), di mana perusahaan telah berhasil melakukan implementasi-implementasi yang berhasil mempercepat pertumbuhan signifikan di dunia perbankan, meliputi implementasi Digital Banking & e-Money, Branchless Banking dan Citizen Banking (Produk OSL Anabatic Technologies), IFRS 9 dan Financial Crime Compliance (Malaysia).

Lini bisnis Kedua adalah Digital Enrich Outsourcing Service (DEOS), yang meliputi keberhasilan go-live layanan operasi proses bisnis Credit Initiation (Filipina), mencapai jumlah klien aktif ke-100 dalam layanan Multi Country Outsourcing (MCPO) dalam aliansi strategis dengan penyedia jasa MCPO terbesar di dunia dan menyediakan layanan Integrated Inbound dan Outbound Digital Marketing di salah satu Lembaga pembiayaan milik negara.

Lini bisnis ketiga adalah Cloud & Digital Platform Partner (CDPP), yang memperkenalkan Smart City Solution dan Mobility untuk level Enterprise dan juga menjalin partnership dengan Apple dan Samsung sebagai reseller.

Selain itu dalam bidang outsourcing, PT Anabatic Technologies Tbk telah menjadi salah satu perusahaan yang berhasil menyalurkan tenaga kerja dengan jumlah yang cukup masif. Anabatic Technologies Tbk juga melakukan ekspansi yang cukup signifikan melalui salah satu lini bisnisnya dalam bidang cloud computing dan managed services dengan mengembangkan hybrid cloud dan membantu pemerintahan daerah dalam membangun aplikasi smart city.

Dengan torehan penjualan bersih mencapai lebih dari Rp 4,5 Triliun, perusahaan berhasil mencatatkan laba kotor sebesar 729 Milyar dan laba usaha bersih sebesar 199 Milyar. Jumlah tersebut lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Hal ini berpengaruh juga terhadap kenaikan nilai saham ATIC pada bursa efek yang telah mencapai angka 950/lembar saham di akhir tahun 2017. Keberhasilan ini juga didorong oleh strategi dan kejelian manajemen PT. Anabatic Technologies Tbk dalam melihat peluang dan perkembangan dunia teknologi khususnya di Indonesia dan Regional.

Pencapaian-pencapaian tersebut membuat perusahaan yang dikenal sebagai salah satu penyedia solusi IT terdepan di Indonesia ini menerima penghargaan-penghargaan seperti Specialized Partner of the Year: Mid Market PaaS and IaaS – APAC, untuk dari Oracle untuk CTI, anak usaha perseroan yang bergerak di bidang penyedia layanan IT dan juga distribusi produk komputer melalui jaringan outlet maupun secara online. Media Online dan Cetak Warta Ekonomi pun menganugrahkan Anabatic Technologies dengan beberapa penghargaan seperti Indonesia Most Powerful Company yang merupakan wujud penghargaan Warta Ekonomi atas perusahaan yang memiliki pengaruh kuat di industri yang dijalani. Selain itu, anak usaha perseroan yang bergerak di bidang penyediaan jasa outsourcing dan layanan Human Resources lainnya, KPSG menerima penghargaan Agency Collection Terbaik I untuk Kategori Pencapaian Payment Account LP Tertinggi Nasional Tahun 2017 dari PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk.

Memasuki tahun yang baru di 2018, PT. Anabatic Technologies Tbk menerapkan tema “Pursuing Company Performance Through Business Focus & Excellent Execution” di mana perusahaan akan fokus terhadap perkembangan bisnis, menuju predikat sebagai perusahaan IT kelas dunia. Penetrasi pasar global menjadi salah satu hal terpenting yang menjadi sasaran perusahaan. Peningkatan kualitas dan kuantitas portofolio produk OSL Anabatic beserta solusi terkait akan menjadi salah satu fokus perusahaan di tahun 2018 dan sesuai dengan target pencapaian produk OSL yang di proyeksikan meningkatkan Gross Profit ATIC sebanyak 20% pada tahun 2020. Begitu pula dengan investasi pada sumber daya manusia dan infrastruktur di Regional area akan dilakukan juga untuk meraih potensi pasar yang lebih besar termasuk dengan membangun kerjasama mitra strategis untuk meningkatkan daya saing dan penetrasi pasar Regional.

Banyaknya sektor unbankable di berbagai pelosok daerah di Indonesia membuat Anabatic Technologies ingin mendukung pemerintah untuk membantu memfasilitasi sektor unbankable tersebut dengan teknologi-teknologi yang mendukung untuk transaksi mikro finansial. Melalui platform mobile banking untuk menunjang implementasi branchless banking, Anabatic Technologies menyediakan solusi bagi instansi-instansi finansial untuk dapat menjangkau sektor unbankable yang masih belum tersentuh. Perusahaan mengandalkan teknologi cloud computing dan sistem keamanan yang didukung oleh Security Operations Center (SOC) yang aktif 24 jam demi mendukung masyarakat terutama di sektor unbankable untuk bisa melakukan transaksi finansial dengan praktis dan nyaman.

Herwantoro/VMN/VBN/Journalist 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here