Strategi Hadapi Dinamika Perekonomian Global Pada Eksportir dan Importir

767

(Vibiznews – Economy & Business) – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan update seputar perekonomian terkini kepada para Eksportir dan Importir dalam acara Dialog Update Ekonomi Indonesia bersama Menteri Keuangan RI di Auditorium Cakti Buddhi Bhakti Gedung Mar’ie Muhammad, Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pada Rabu (06/06).

Menkeu mengemukakan tujuan diadakannya dialog ini adalah Pemerintah ingin mengkomunikasikan strategi dalam menghadapi dinamika perubahan perekonomian dunia. Pemerintah bersama dengan Bank Indonesia, OJK, Menko Perekonomian dan LPS akan membuat paket kebijakan yang mengutamakan stabilitas perekonomian.

“Karena without stability akan menimbulkan banyak sekali implikasi, orang tidak melakukan hal yang sifatnya produktif tapi lebih spekulatif. Pemerintah harus menciptakan stabilitas dan kepercayaans. Artinya ekonomi sekarang dijaga. Semua baik dari sisi fiscal policy,  sisi monetary policy, sisi perbankan dan juga dari sisi sektor riil,” jelasnya.

Menurut Menkeu, perkembangan perekonomian dunia memang berubah dengan cepat dan para eksportir yang datang sebagai peserta dialog sudah memiliki pengetahuan yang cukup mengenai hal tersebut.

“Kita tahu betul bahwa global environtment changing quite significantly. Especially 2018 karena from the United States mereka sudah meningkatkan interest rate itu start 2016. Problemnya adalah karena levelnya sudah makin naik, itu  menciptakan suatu anxiety mengenai level yang deviate very significantly from used to be mendekati 0%. Inilah yang kemudian menciptakan dynamic di capital market maupun di money market,” tambahnya.

Namun demikian, Menkeu menjelaskan kondisi ekonomi yang dikelola Pemerintah dari pajak maupun kepabeanan dan cukai menunjukkan denyut yang menggembirakan jika dilihat dari kondisi tiga tahun ke belakang.

Sumber : Kementerian Keuangan

Belinda Kosasih/Coordinating Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting Group

Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here