Yen Naik dan Dolar Kanada Turun Terpengaruh Hasil KTT G7

171

(Vibiznews – Forex) Yen bergerak lebih tinggi, sedangkan dolar Kanada turun pada perdagangan hari Senin (11/06) di sesi Asia, setelah Presiden AS Donald Trump menarik dukungan dari kesepakatan bersama negara G7.

KTT Kelompok Tujuh yang diadakan di Kanada telah memperlihatkan keretakan yang dalam antara Trump dan para pemimpin lainnya ketika presiden AS, yang meninggalkan pertemuan G-7 lebih awal, men-tweet bahwa dia tidak mendukung komunike bersama dan mengecam Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Euro naik tipis karena para pedagang melihat pertemuan kebijakan Bank Sentral Eropa pada Kamis untuk kapan dan bagaimana pembelian obligasi akan berakhir dan akhirnya mengangkat suku bunga dari level negatif dalam saat ini.

Dolar Kanada, yang telah tertekan oleh kekuatiran bahwa Trump dapat membatalkan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA), turun 0,3 persen menjadi C $ 1,2960.

Yen, yang sering digunakan sebagai mata uang pilihan saat investasi berisiko dan cenderung meningkat ketika risk appetite investor merosot, naik 0,1 persen menjadi 109,45 yen pada dolar.

Banyak investor juga bersiap-siap untuk pertemuan besar minggu ini, termasuk pertemuan puncak Trump-Kim dan tinjauan kebijakan oleh tiga bank utama dunia.

Euro naik 0,25 persen menjadi $ 1,1801, naik kembali ke tertinggi dua minggu di $ 1,1840 yang disentuh Kamis.

Sebelum pertemuan ECB, Federal Reserve AS hampir dengan suara bulat diperkirakan akan menaikkan suku bunga untuk kedua kalinya tahun ini pada hari Rabu.

Fokus pasar adalah pada proyeksi Fed pada jalur suku bunga masa depan.

Di sisi lain, Bank of Japan diperkirakan akan tetap pada kebijakan ultra longgar saat ini setelah pertemuan dua hari yang berakhir Jumat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan mata uang dolar AS berpotensi lemah dengan kekuatiran perang dagang yang masih berlangsung pasca keretakan hubungan AS dengan negara G7. Namun juga akan mencermati perkembangan pertemuan Trump-Kim dan rencana kenaikan suku bunga AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here