Bursa Eropa Ditutup Positif Menjelang KTT Trump-Kim

230

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa ditutup lebih tinggi Senin malam (11/06) menjelang pertemuan bersejarah antara Presiden Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Indeks Stoxx 600 ditutup naik 0,8 persen sementara dengan hampir semua sektor di wilayah positif.

Indeks Italia berkinerja terbaik di Eropa, naik selama perdagangan sore hingga ditutup 3,5 persen. Menteri Keuangan Italia Giovanni Tria, berbicara kepada koran lokal selama akhir pekan, menegaskan kembali komitmen pemerintahnya terhadap Eropa. Bank Italia Intesa Sanpaolo, UniCredit dan Monte Dei Paschi semuanya ditutup naik lebih dari 6 persen. Asuransi Italia Poste Italiane dan Generali juga terdorong lebih tinggi, dengan sektor perdagangan berakhir naik 1,3 persen.

Sedangkan indeks lainnya berakhir positif. Indeks FTSE berakhir pada 7737.43, naik 56.36 poin atau 0.73%. Indeks DAX berakhir pada 12842.91, naik 76.36 poin atau 0,60%. Indeks CAC berakhir pada 5473.91, naik 23.69 poin atau 0.44%

Saham perbankan memimpin jalan di antara sektor bisnis Eropa lebih luas, menutup naik 1,9 persen karena para pedagang mengharapkan pengetatan moneter lebih lanjut dari bank sentral minggu ini. Federal Reserve akan mengumumkan keputusan suku bunga terbaru pada Rabu dan Bank Sentral Eropa dijadwalkan untuk mulai mempersiapkan akhir stimulus moneter Kamis.

Sementara itu, otomotif adalah satu-satunya sektor yang ditutup negatif, turun 0,3 persen. Daimler ditutup 0,9 persen lebih rendah, memangkas kerugian yang dibuat pada awal sesi. Ini mengikuti laporan surat kabar Jerman yang mengatakan bahwa hingga 1 juta kendaraan mengandung perangkat curang emisi.

Melihat saham individu, Inmarsat naik ke puncak indeks, tertinggi di sektor telekomunikasi. Perusahaan telekomunikasi Inggris ditutup naik 12,7 persen, melayang dekat level ini sepanjang sore, menyusul komentar dari perusahaan bahwa mereka menolak tawaran awal dari Echostar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati hasil pertemuan puncak Presiden AS Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yang jika memberikan sinyal positif akan menguatkan bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here