Kesepakatan Donald Trump dan Kim Jong Un

222

Pada hari  Selasa (12/6), merupakan hari bersejarah karena Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un mengakhiri pertemuan pertama di Hotel Capella Pulau Sentosa, Singapura.

Kedua pemimpin negara ini melakukan pertukaran pendapat yang komprehensif dan mendalam tentang isu-isu pembentukan hubungan kerja sama baru AS-Korut. Selain itu, pembangunan rezim perdamaian di Semenanjung Korea.

Berdasarkan informasi yang kami terima dari Reuters, ada empat poin kesepakatan yang ditandatangani kedua pemimpin ini, yakni:

1. Amerika Serikat dan Korut berkomitmen untuk membangun hubungan baru sesuai dengan keinginan masyarakat kedua negara untuk perdamaian dan kemakmuran.

2. Amerika Serikat dan Korut akan berupaya membangun rezim perdamaian yang abadi dan stabil di Semenanjung Korea.

3. Menegaskan kembali Deklarasi Panmunjom 27 April 2018, Korut berkomitmen untuk menyelesaikan secara menyeluruh denuklirisasi di Semenanjung Korea.

4. Amerika Serikat dan Korut tetap berkomitmen untuk menyelesaikan soal tawanan perang, termasuk pemulangan segera dari mereka yang sudah diidentifikasi.

Dan 4 kesepakatan tersebut dituangkan dalam sebuah dokumen yang ditanda-tangani oleh Donald Trump dan Kim Jong Un yang mencakup keseluruhan pertemuan bersejarah yang bertujuan menciptakan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Sebelum menandatangani dokumen yang disebut Trump sebagai “surat komprehensif” itu, Kim menyatakan kedua pemimpin telah mengadakan pertemuan bersejarah dan telah memutuskan untuk meninggalkan masa lalu.

Presiden Trump berkomitmen menjamin keamanan kepada Korut dan Kim Jong Un menegaskan kembali komitmennya untuk menyelesaikan denuklirisasi Semenanjung Korea.

 Menanggapi pertemuan bersejarah tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik dan mendukung pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yang digelar di Capella Hotel, Singapura. Jokowi berharap hasil KTT ini dapat memberikan kontribusi bagi perdamaian, baik di Kawasan maupun bagi perdamaian dunia.

 

Belinda Kosasih/Coordinating Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting Group

Editor : Asido Situmorang

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here