The Fed AS Naikkan Suku Bunga; Sinyalkan Dua Kenaikan Lagi Tahun 2018

827

(Vibiznews – Economy & Business) Federal Reserve AS menaikkan suku bunga acuan jangka pendeknya seperempat persentase poin pada hari Rabu (13/06) dan mengindikasikan kemungkinan dua kenaikan lagi tahun ini.

Suku bunga AS meningkat dari 1,75 persen menjadi 2 persen. Tingkat ini terkait erat dengan utang konsumen, terutama kartu kredit, jalur kredit ekuitas rumah dan instrumen tingkat penyesuaian lainnya.

Dalam sebuah pernyataan singkat yang hanya memuat 320 kata, Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) menunjuk pada pandangan yang lebih optimis tentang pertumbuhan ekonomi dan ekspektasi inflasi yang lebih tinggi.

Komite mengatakan pertumbuhan ekonomi telah naik pada tingkat yang solid, meningkat dari moderat pada bulan Mei. Tingkat pengangguran telah menurundan pengeluaran rumah tangga telah meningkat dari tingkat moderat.

Dengan memperhatikan hal itu, komite mengatakan, dua kenaikan suku bunga lebih tepat, sehingga total 2018 menjadi empat peningkatan. Kenaikan pertama tahun ini adalah pada bulan Maret.

“Komite mengharapkan bahwa peningkatan bertahap dalam kisaran target untuk tingkat dana federal akan konsisten dengan ekspansi berkelanjutan kegiatan ekonomi, kondisi pasar tenaga kerja yang kuat, dan inflasi dekat 2 persen sesuai tujuan Komite selama jangka menengah,” demikian pernyataan itu seperti yang dilansir CNBC.

Dengan kenaikan 0,25 persentase poin yang sudah ditetapkan harganya, pasar keuangan mencari seberapa agresif FOMC akan menetapkan kebijakan moneter untuk sisa tahun ini.

Pasar telah meningkatkan harapan untuk kenaikan suku bunga keempat tahun ini – FOMC juga meningkatkan target suku bunga pada bulan Maret – dan sebelum pertemuan itu harga dalam peluang 46,5 persen. Proyeksi terbaru dari anggota komite menunjukkan tingkat dana naik menjadi 2,4 persen pada akhir tahun, naik 0,3 persentase poin dari perkiraan Maret.

Anggota komite menunjukkan dalam pembaruan untuk perkiraan ekonomi kuartalan mereka bahwa mereka mengharapkan inflasi inti untuk mencapai target 2 persen The Fed pada akhir tahun ini, dan sekarang melihat pertumbuhan ekonomi mencapai 2,8 persen untuk setahun penuh.

Baik harapan untuk produk domestik bruto dan konsumsi pribadi mencerminkan kenaikan 0,1 persentase poin dari perkiraan terakhir di bulan Maret dan cukup untuk mendorong apa yang disebut dot plot dari ekspektasi anggota komite individu ke posisi yang lebih agresif. Tiga anggota komite memindahkan harapan mereka lebih tinggi untuk suku bunga.

Selain proyeksi ke atas untuk PDB dan inflasi, anggota komite juga memangkas perkiraan mereka untuk pengangguran. Mereka sekarang melihat tingkat 3,6 persen pada akhir tahun, dibandingkan dengan 3,8 persen saat ini, yang merupakan proyeksi setahun penuh pada bulan Maret.

Komite juga mengindikasikan terus mengharapkan tiga kenaikan suku bunga pada 2019, bahkan dengan yang keempat tahun ini.

Meskipun kenaikan tambahan, para pejabat masih melihat tingkat dana jangka panjang di 2,9 persen setelah memuncak pada 3,4 persen pada 2020. Kenaikan tambahan, meskipun, mendorong tingkat melewati “netral” pada 2019, sedikit lebih cepat dari yang diantisipasi. Mereka masih melihat PDB naik 2,4 persen pada 2019 dan 2 persen tahun setelahnya, dan pertumbuhan jangka panjang sebesar 1,8 persen.

Perkiraan inflasi utama, yang meliputi makanan dan energi, naik sepersepuluh poin menjadi 2,1 persen pada 2019 dan tetap pada tingkat itu untuk tahun berikutnya. Proyeksi inflasi utama juga tetap pada 2,1 persen untuk 2019 dan 2020.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here