Analisis Bisnis Properti

8956

Properti merupakan salah satu aset yang dikenal sebagai aset investasi karena dapat memberikan nilai keuntungan. Keuntungan investasi dapat diperoleh dari, seminimumnya, dua hal: kenaikan nilai aset atau capital appreciation, dan dari yield investasi sekiranya properti tersebut disewakan atau dikelola.

Kenyataannya juga orang-orang yang masuk dalam daftar terkaya, baik level dunia maupun Indonesia, pasti punya bisnis properti. Dengan aset properti mereka menjadi kaya dan semakin bertambah kaya. Demikian pula, di level perusahaan atau korporasi, investasi properti sering kali menjadi pilihan pengembangan bisnis selanjutnya.

Walaupun demikian, sebagaimana lazimnya aset investasi, pasti ada unsur risiko dalam investasi properti. Risiko yang melekat dalam pengembangan properti, antara lain risiko bisnis, risiko pembiayaan, risiko inflasi, risiko likuiditas, dan risiko pasar. Properti bahkan dapat dikategorikan sebagai aset berisiko tinggi. Kesalahan pilihan investasi properti berdampak minimum risiko ratusan juta rupiah, bahkan bisa sampai miliaran rupiah. Bandingkan dengan investasi saham dan forex, misalnya, yang kerugiannya bisa diminimumkan ke beberapa juta rupiah saja.

Dengan kondisi demikian, maka investasi properti harus disertai dengan analisis yang lengkap dan detail agar tidak terjadi salah pilih aset yang menimbulkan kerugian investasi yang tidak sedikit. Kenyataannya, sejumlah korporasi bisa bangkrut karena investasi dan pembangunan propertinya gagal selesai atau mangkrak. Belum lagi salah “timing” dalam pengembangan properti yang membuat sejumlah group bisnis sampai gulung tikar.

Itu sebabnya, jika pembaca mau terlibat dalam investasi dan mengembangkan aset properti, diperlukan pengetahuan yang memadai dan praktis tentang analisis bisnis properti.

Ikutilah program training “Certified Property Business Analyst (CPBA)”, untuk menjadi investor dan analis properti yang sukses menuai keuntungan investasi. Program pelatihan disampaikan oleh para fasilitator yang adalah praktisi properti, dengan materi yang bersifat praktis dan integrated, antara lain sebagai berikut:

  1. Ekonomi dan Pasar Properti
  2. Analisis Pasar Properti
  3. Metodologi Riset Pasar Properti
  4. Hukum Properti
  5. Highest and Best Use Analysis
  6. Studi Kelayakan Investasi Properti

Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan para peserta training akan diperlengkapi dengan pemahaman yang fundamental dan strategis mengenai investasi dan pengelolaan aset properti secara efektif, sehingga menghasilkan profit finansial dan akumulasi nilai aset yang diharapkan.

Informasi program pelatihan properti yang komprehensif selengkapnya dapat dilihat di: www.propertybusinessacademy.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here