Pedagang Obligasi Bersiap untuk Invasi Yield-Curve Secepatnya Minggu Depan

224

 

(Vibiznews – Bonds & Mutual Fund) – Langkah pertama dalam inversi kurva Treasury AS kemungkinan  akan terjadi minggu depan.

Spread antara yield  obligasi tenor 7- dan 10-tahun tergelincir di bawah 3,5 basis poin pada hari Selasa, 19 Juni, setelah menyusut menjadi 2 basis poin bulan lalu, ini merupakan gap  terkecil setidaknya sejak 2009. Perbedaan antara jatuh tempo, yang paling sempit di antara obligasi benchmark yang ada, mungkin tidak terlalu diperhatikan. Tapi penurunannya ke wilayah negatif secara historis menjadi pertanda langkah serupa di tempat lain di sepanjang kurva, dan seringkali hanya dalam beberapa hari, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg dan BMO Capital Markets.

Lelang obligasi tenor tujuh tahun minggu depan bisa memimpin dalam hal berkinerja buruk hanya karena kekhawatiran atas perdagangan dan pertumbuhan global yield yang lebih panjang, tipping spread di bawah nol, menurut Ian Lyngen di BMO. Sementara permainan kurva yang diperdagangkan saat ini termasuk gap tenor 2 hingga 10 tahun dan tenor 5 hingga 30 tahun kemungkinan akan memakan waktu berminggu-minggu jika tidak lagi mengikuti tingkat yang diberikan saat ini, investor akan melihat inversi awal sebagai tanda akan segera terjadi.

 

Belinda Kosasih/Coordinating Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting Group

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here