BI Terus Jaga Stabilitas Nilai Tukar Rupiah

293

(Vibiznews – Banking & Insurance) – Nilai tukar dollar Amerika Serikat (AS) terus menguat terhadap Rupiah, bahkan siang ini sempat menyentuh level Rp. 14,450.  Menanggapi hal tersebut, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, hari ini menyampaikan dua hal terkait dengan perkembangan nilai tukar Rupiah. Pertama, Bank Indonesia terus melakukan serangkaian langkah stabilisasi, tidak hanya melalui kebijakan suku bunga yang terukur, namun juga melalui intervensi untuk memastikan tersedianya likuiditas dalam jumlah yang memadai baik valuta asing (valas) maupun Rupiah, serta melakukan pembelian Surat Berharga Negara (SBN) di pasar sekunder. Gubernur BI melanjutkan, sejak hari ini pun BI sudah melakukan lelang SBN. Hal ini diharapkan dapat menambah pasokan dolar AS dan membuat rupiah stabil.

Kedua, terkait dengan pergerakan nilai tukar Rupiah, Gubernur BI mengatakan bahwa hal tersebut harus diukur secara relatif dibandingkan dengan negara-negara lain. Saat ini pelemahan nilai tukar terhadap USD juga tengah terjadi atau dialami oleh negara-negara regional. Secara relatif, pergerakan nilai tukar Rupiah tersebut masih terkendali (manageable) sebagai bagian dari fenomena global yang terjadi saat ini.

Ke depan, Bank Indonesia akan terus menjaga stabilitas ekonomi di tengah ketidakpastian perkembangan ekonomi global, khususnya stabilitas nilai tukar Rupiah.

 

Sumber : Bank Indonesia

Belinda Kosasih/Coordinating Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting Group

Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here