Nikkei Rebound, Kawasan Industri Ditutup Karena Banjir Yang Landa Jepang Barat

105

(Vibiznews – Index) – Indeks saham Jepang, Nikkei rebound ke tertinggi satu minggu pada Senin karena bereaksi positip terhadap data pertumbuhan pekerjaan AS, sementara saham Eisai memperpanjang kenaikannya ke batas harian tertinggi karena optimisme untuk obat Alzheimer.

Namun, harga saham Nissan Motor Co tergelincir 4,6 persen menjadi 1.003,5 yen, tingkat penutupan terendah sejak November 2016 setelah perusahaan mengatakan akan menjelaskan secara terbuka, pada 08:00 GMT mengenai prosedur untuk mengukur gas buang kendaraan di pabrik domestiknya.

Nissan menolak memberikan rincian lebih lanjut, perusahaan-perusahaan industri di Jepang telah mengakui beberapa kasus yang berkaitan dengan gangguan data selama setahun terakhir, yang menodai reputasi negara yang menjunjung tinggi kualitas dan efisiensi proses industri.

Para pengamat mengatakan para investor terus mengawasi curah hujan belum pernah terjadi sebelumnya yang menghantam Jepang barat selama akhir pekan, menewaskan sedikitnya 88 orang dan menutup beberapa pabrik.

Data ketenagakerjaan AS yang kuat pada hari Jumat membantu mengangkat Nikkei dan ditutup 1,2 persen lebih tinggi pada 22,052.18, level penutupan tertinggi sejak sejak 29 Juni.

Saham-saham mobil termasuk Mazda Motor Corp dan Daihatsu Motor Co menghentikan operasi di beberapa pabrik pada hari Sabtu, sementara Mazda saham naik 0,2 persen.

Saham Panasonic turun 0,5 persen, Panasonic Corp mengatakan satu pabrik di Okayama, Jepang barat, tidak dapat dijangkau karena banjir tinggi.

Saham teknologi dan bank menguat, dengan TDK Corp menguat 4,2 persen, Advantest menambahkan 2,5 persen dan Mitsubishi UFJ Financial Group naik 1,6 persen.

Eisai Co melonjak 16 persen ke batas harian tinggi rekor tinggi, memperpanjang lonjakannya dari Jumat.Relokasi kuat datang karena beberapa broker meningkatkan peringkat saham setelah produsen obat Jepang dan Biogen Inc mengatakan bahwa analisis akhir uji coba tengah obat Alzheimer, menunjukkan hasil positif untuk pasien yang menerima dosis tertinggi.

Nomura Securities menaikkan peringkat Eisai Co menjadi ‘beli’ dari ‘netral’ dan menaikkan harga target menjadi 15.000 yen dari 8.400 yen.

Indeks saham-saham unggulan Jepang, Topix naik 1,2 persen menjadi 1.711,79

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here