Bursa Eropa Ditutup Positif; Sektor Media Berkinerja Terbaik

168

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa ditutup lebih tinggi pada Kamis malam (13/07) karena investor mengkonsolidasikan penurunan curam dari sesi sebelumnya ketika meningkatnya kekhawatiran perang perdagangan AS-China.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik sepanjang perdagangan sore untuk ditutup naik 0,8 persen, dengan semua bursa utama dan sebagian besar sektor di wilayah positif.

Indeks FTSE Inggris juga berakhir naik 0,78 persen, indeks DAX Jerman ditutup naik 0,61 persen dan indeks CAC Perancis berakhir positif 1,17 persen.

Media adalah sektor berkinerja terbaik pada hari Kamis, rally untuk menutup 2,3 persen lebih tinggi. Sebelumnya pada hari itu, pemerintah Inggris membuka jalan bagi upaya Twenty-First Century Fox untuk membeli platform TV berbayar Eropa, yang bersaing dengan saingan AS, Comcast. Sky mengakhiri hari 3.4 persen ke atas.

Saham kesehatan juga naik sepanjang hari untuk menutup lebih dari 2 persen di zona hijau berkat dorongan dari pembuat kemasan obat-obatan Jerman Gerresheimer, yang memimpin kenaikan di seluruh Eropa. Perusahaan ditutup 7,6 persen lebih tinggi setelah mengumumkan perpanjangan model bisnisnya dan meningkatkan perkiraan pertumbuhan, meskipun telah diperdagangkan di atas 9 persen sebelumnya pada sore hari.

Saham perjalanan dan rekreasi Eropa ditutup 1,9 persen di atas garis datar setelah setelah tim sepak bola Inggris tersingkir dari semi final Piala Dunia Rabu malam. Saham Paddy Power Betfair naik lebih dari 2,4 persen karena para pedagang mengutip bantuan atas kemenangan Kroasia atas Inggris.

Melihat saham individu, Moller-Maersk diperdagangkan di dekat bagian atas indeks sepanjang hari, sedikit memangkas kembali kenaikan sore sore untuk ditutup 2,7 persen lebih tinggi. Kinerjanya mengikuti peningkatan peringkat dari Goldmans Sachs.

Pemberi pinjaman terbesar Norwegia DNB ASA kandas di dekat bagian bawah benchmark, turun 4 persen setelah membukukan laba kuartal keduanya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan bursa-bursa global termasuk bursa Wall Street yang berpotensi naik jika data Consumer Sentiment AS terealisir stabil.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here