BI Perkirakan Tingkat Pertumbuhan Ekonomi 5,1% Tahun Ini

294

(Vibiznews – Banking & Insurance) – Bank Indonesia (BI) pesimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai target yang ditetapkan oleh pemerintah, yakni 5,2%. BI melihat, realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2018 diperkirakan ada pada batas bawah dari kisaran 5,1%-5,5%, demikian Gubernur BI Perry Warjiyo saat menyampaikan hasil rapat dewan gubernur (RDG) BI, Kamis (19/7).

Perry mengatakan, pesimistis ini disebabkan oleh pertumbuhan ekspor yang diperkirakan tidak begitu kuat. Hal ini yang dipengaruhi tren harga komoditas global yang menurun sehingga menekan kinerja ekspor.Namun demikian, Perry mengatakan, pada kuartal II-2018, ekonomi bisa tumbuh positif didukung oleh permintaan domestik yang cukup kuat.

“Konsumsi rumah tangga didukung stimulus fiskal, pendapatan masyarakat, dan keyakinan konsumen menengah atas juga baik. Ada juga kenaikan produksi dari survei kami,” ujar Perry.

Adapun, komponen investasi diperkirakan tetap kuat.“ Tidak hanya didukung oleh proyek infrastruktur tetapi juga oleh proyek non infrastruktur baik investasi bangunan maupun investasi non bangunan,” kata dia.

 

Belinda Kosasih/Coordinating Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting Group

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here