Bursa Eropa Menuju Kenaikan Minggu Keempat Berturut

990

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa berada di jalur untuk kenaikan minggu keempat berturut-turut, dengan investor memantau pendapatan baru dan menantikan data pertumbuhan ekonomi AS malam nanti.

Indeks Stoxx 600 Eropa sedikit lebih tinggi sebesar 0,39 persen. Saham konstruksi dan material merupakan salah satu sektor berkinerja terbaik dalam pendapatan. Saint Gobain naik 3 persen setelah mengumumkan niatnya untuk menjual setidaknya 3 miliar euro dalam aset sebelum akhir 2019. Selain itu, sumber daya dasar melonjak selama perdagangan tengah pagi. Ini setelah BP setuju untuk membeli aset minyak dan gas serpih AS dari penambang global BHP Billiton. Yang terakhir naik 3,8 persen di berita.

Indeks FTSE Inggris naik 0,51 persen. Indeks DAX Jerman meningkat 0,50 persen. Sedangkan indeks CAC Perancis naik 0,30 persen.

Saham kimia berada di bawah tekanan. Basf Se turun sebanyak 3 persen setelah mengecewakan dengan hasil kuartal kedua.

Melihat di seluruh patokan Eropa, Carrefour naik lebih dari 9 persen setelah melaporkan peningkatan laba pada semester pertama tahun ini. Sedangkan sam Kering turun hampir 8 persen setelah penjualan Gucci datang sedikit lebih lemah dari perkiraan, Reuters melaporkan.

Di depan data ekonomi, angka produk domestik bruto untuk Perancis dirilis sebelum bel – yang datang di bawah perkiraan pasar. Menurut kelompok statistik INSEE, ekonomi Prancis tumbuh 0,2 persen pada kuartal kedua karena negara Eropa dilanda pemogokan dan penurunan belanja konsumen. Data ekonomi Perancis hanya beberapa jam sebelum AS diatur untuk mempublikasikan angka PDBnya sendiri sebelum Wall Street dibuka.

Sementara itu, perdagangan terus berkutat pada sentimen investor, karena berita baru terus bergulir. Pada hari Kamis, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan kepada CNBC bahwa kesepakatan tentang NAFTA akan segera datang. AS telah melakukan negosiasi dan renegosiasi dengan Kanada dan Meksiko atas NAFTA, setelah Presiden AS Donald Trump mengkritik keras perjanjian perdagangan.

AS berjanji untuk bekerja sama dengan Uni Eropa minggu ini, untuk mengurangi tarif dan menghindari perang dagang antara kedua wilayah; Namun masa depan tarif mobil masih belum diketahui. Namun pada Kamis, Menteri Perdagangan Wilbur Ross menyatakan bahwa Departemen Perdagangan akan melanjutkan penyelidikannya apakah impor otomotif akan menimbulkan risiko pada keamanan nasional AS, menurut laporan Reuters.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa selanjutnya akan bergerak positif jika data pertumbuhan ekonomi AS Q2 yang dirilis malam ini terealisir meningkat.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here