Harga Kopi dan Gula Naik Karena Cuaca Kering di Daerah Perkebunan

174

(Vibiznews – Commodity) – Faktor cuaca sangat mempengaruhi harga dari soft commodities, cuaca kering terlihat di daerah perkebunan kopi dan gula di Brazil sehingga tanaman kopi dan gula produksinya jadi berkurang. Sedangkan pada kakao sebaliknya di kebun kakao baik di Afrika dan di Asia cuaca sangat mendukung dengan curah hujan yang cukup sehingga produksi banyak dan harga kakao turun.

Harga kopi Arabika September naik $1.05 menjadi $107.75 per pound

Di awal perdagangan harga kopi baik di New York maupun di London mengalami tekanan turun. Namun pada penutupan pasar harga kopi di New York mengalami kenaikan karena cuaca kering di daerah perkebunan kopi di Brazil membuat pohon-pohon mengalami kekeringan. Diperkiraakan sampai akhir minggu ini cuaca masih kering. Pada akhir musim dingin lalu sampai sekarang cuaca kering dan berefek pada pohon kopi dan diperkirakan panen tidak sebanyak biasanya. Perkiraan produksi berkisar 60 juta kantong. Di Amerika Tengah cuaca kering juga berlangsung dan produksi diperkirakan akan berkurang.

Harga kopi Vietnam di London masih kuat karena tidak ada pengiriman kopi dari Vietnam, walaupun persediaan kopi di Eropa masih banyak. Di Vietnampun cuaca kering berlangsung, namun hujan mulai turun hari Jumat dan Senin diharapkan akan turun hujan sehingga tanah di kebun kopi bisa menjadi subur kembali. Produksi Vietnam diperkirakan akan banyak sebesar 30 juta kantong. Harga kopi di Vietnam sendiri sangat rendah sehingga petani menyimpan kopi sampai harga naik kembali.

Analisa tehnikal support pertama di $106 dan berikut ke $103 sedangkan resistant pertama di $110 berikut ke $115.

Harga gula Oktober naik 26 sen menjadi $10.85 per pound.
Cuaca kering berlangsung di Brazil di Uni Eropa dan Rusia sementara di Thailand dan India cuaca bagus. Di Brazil para petani khawatir akan kekurangan persediaan tebu karena produksi tebu karena sebagian besar tebu digunakan untuk etanol. Pada hari Jumat terlihat hujan mulai turun di Brazil, suhu masih di atas normal.

Cuaca kering di Eropa dan Selatan Rusia serta merusak tanaman beat sehingga produksi bear bisa berkurang. Di Ukraina hujan turun membuat produksi diharapkan baik dari sini.
Di Thailand dan India cuaca bagus dengan curah hujan yang cukup sehingga produksi gula baik.

Analisa tehnikal support pertama di $10.30 berikut ke $10.00 sedangkan resistan berada di $10.90 dan $11.10.

Harga kakao Desember turun $24 menjadi $2,114 per ton.
Harga kakao turun karena produksi kakao terlihat menguat.Panen di Ivory Coast menghasilkan hampir dua juta ton walaupun curah hujan tinggi. Curah hujan sangat baik di kebun kakao Ivory Coast sehingga panen akan sangat baik, demikian juga di Afrika Barat, Afrika Timur dan Asia. Hanya di Brazil saja cuacanya kering dan suhu diatas normal.

Analisa tehnikal support pertama di $2,050 dan berikut ke $1,990 sedangkan resistant pertama di $2,120 dan berikut ke $2,200.

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here