Visa Dan Mastercard Jajaki Kerjasama Dengan GPN

223

(Vibiznews – Banking & Insurance) – Implementasi sistem gerbang pembayaran nasional (GPN) yang digencarkan Bank Indonesia membuat dua perusahaan switching asing  Visa dan Mastercard berusaha menjalin kerjasama dengan switching lokal, demi menjaga keberlangsungan bisnisnya di Indonesia.

Visa saat ini menjajaki kerjasama dengan switching lokal Jalin Pembayaran Nusantara (JPN) milik Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Sedangkan Mastercard menjajaki kerjasama dengan PT Artajasa Pembayaran Elektronis, pengelola ATM Bersama.

Otto Beni Hantoro, Direktur Utama JPN mengatakan, saat ini operator jaringan Link itu sedang memproses kerjasama dengan Visa dan tentunya kerjasama JPN dan Visa ini tetap mempertimbangkan aturan Bank Indonesia maupun aturan lain terkait GPN. Belum jelas wujud dan lingkup kerjasama antara perusahaan switching asing itu dengan switching lokal. Namun tawaran kerjasama dua switching asing tersebut masih dalam lingkup transaksi di dalam negeri sebagai upaya mempertahankan bisnisnya di Indonesia.

Berdasarkan ketentuan BI per 31 Juli 2018, Visa dan Mastercard tidak bisa menjadi perusahaan switching lagi di negara ini karena sistem pembayaran transaksi di Indonesia, menggunakan server milik Artajasa atau Link.

Sementara Anthoni Morris, Direktur Bisnis Artajasa Pembayaran Elektronis mengatakan, saat ini kerjasama antara Mastercard dengan Artajasa masih dalam tahap penjajakan. Perlu petunjuk dan persetujuan BI terlebih dahulu untuk kerjasama ini. Hal ini telah dikonfirmasi oleh Onny Widjanarko, Kepala Departemen Sistem Pembayaran BI sebagai regulator sistem pembayaran.

Lain halnya dengan Pungky Purnomo Wibowo, Direktur Eksekutif Departemen Elektronifikasi dan GPN BI mengatakan biaya merchant discount rate (MDR) kerjasama antara perusahaan switching asing dan lokal ini bisa lebih mahal 0,15% daripada tarif MDR switching lokal yang nilanya sebesar 1%.

 

Belinda Kosasih/Coordinating Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting Group

Editor : Asido Situmorang

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here