China Kenakan Tarif Balasan Terhadap Barang AS

388

(Vibiznews – Economy & Business) China mengatakan pada Rabu (08/08) akan membalas terkait putaran terakhir tarif AS atas impor China.

Kementerian Perdagangan Tiongkok mengumumkan biaya 25 persen untuk barang-barang AS senilai $ 16 miliar. Ada 333 barang yang menjadi sasaran China termasuk kendaraan seperti mobil penumpang besar dan sepeda motor. Berbagai bahan bakar ada di daftar, serta kabel serat optik.

China juga mengejar batu bara, minyak, vaselin, aspal dan produk plastik, dan barang daur ulang.

Pengumuman China muncul setelah kantor Perwakilan Perdagangan AS merilis daftar final senilai $ 16 miliar dalam barang-barang China yang akan terkena tarif. Tagihan AS akan mulai berlaku pada 23 Agustus. Daftar AS terbaru membawa nilai total barang China yang menghadapi tarif 25 persen menjadi $ 50 miliar.

Ketegangan antara AS dan China telah memanas dalam beberapa bulan terakhir karena pemerintahan Trump mengambil sikap yang lebih proteksionis menyangkut perdagangan.

Bulan lalu, tarif barang-barang China senilai $ 34 miliar mulai berlaku. Media pemerintah Cina mengatakan mengingat pungutan yang telah diancam, mengatakan bangsa Asia akan membalas.

Pada 25 Juli, Presiden Donald Trump mengatakan China menjadi ganas dalam perdagangan, dengan catatan menargetkan petani AS dengan sengaja.

Dalam tweetnya, Trump mengatakan : China menargetkan para petani kami, yang mereka tahu saya cintai dan hormati, sebagai cara untuk membuat saya terus membiarkan mereka mengambil keuntungan dari AS. Mereka ganas dalam apa yang akan menjadi usaha gagal mereka. Kami bersikap baik – sampai sekarang! China menghasilkan $ 517 Miliar pada kami tahun lalu.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here