Bursa Eropa Anjlok Dampak Penurunan Dramatis Lira Dan Kinerja Buruk Perbankan

567

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa jatuh pada hari Jumat karena kekhawatiran atas penurunan dramatis dalam lira Turki yang menyentak pasar keuangan, sementara harga saham-saham perbankan seperti bank BBVA di Spanyol dan UniCredit di Italia, anjlok karena kekhawatiran atas eksposur ke pemerintah mereka.

Indeks pan-European Stoxx 600 turun 0,8 persen ke terendah satu minggu, karena investor cemas tentang dampak politik dan ekonomi yang mungkin dari krisis Turki. Indeks ini telah turun 0,4 persen selama pekan ini.

Lira Turki turun lebih dari 10 persen ke rekor rendah, karena kekhawatiran atas keretakan yang melebar dengan Amerika Serikat setelah delegasi Turki kembali dari pembicaraan di Washington tanpa solusi yang jelas.

Indeks Jerman DAX sektor eksportir alat-alat berat yaitu indeks GDAXI turun 1,2 persen, indeks dengan kinerja buruk yang mempengaruhi pasar yang lebih luas.

Saham-saham perbankan berada di antara penebang terbesar setelah Financial Times melaporkan bahwa Bank Sentral Eropa prihatin dengan paparan dari beberapa pemberi pinjaman terbesar mulai dari kawasan euro sampai ke Turki – terutama BBVA, UniCredit dan BNP Paribas.

Saham Perancis BNP Paribas (BNPP.PA), Italia UniCredit (CRDI.MI) dan Spanyol BBVA (BBVA.MC) turun sekitar 3 persen.

Ekonom Berenberg, Carsten Hesse memperkirakan bahwa jatuhnya nilai ekspor zona euro ke Turki sebesar 20 persen adalah kurang dari 0,1 persen dari pertumbuhan ekonomi.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here