Emas Naik Karena Laporan PPI AS Muncul Lebih Rendah

177

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak bergerak mantap dan mengalami sedikit kenaikan di dalam perdagangan sesi Amerika Serikat yang lebih tenang pada hari Kamis kemarin. Kedua metal berharga sedang mengalami stabilisasi pada minggu ini setelah belakangan ini mencatat kerendahan selama 12 bulan.

Emas berjangka bulan Desember terakhir diperdagangkan naik sedikit $0.10 per ons pada $1,220.90. Sedangkan Perak Comex bulan September terakhir naik $0.038 pada $15.47 per ons.

Emas mendapatkan sedikit dorongan naik pada hari Kamis pagi menyusul laporan Producer Price Index (PPI) AS yang muncul lebih rendah daripada yang diperkirakan oleh pasar. PPI AS pada bulan Juli tidak berubah, versus ekpektasi sebelum laporan untuk kenaikan 0.2% dari bulan Juni. Laporan ini adalah laporan ekonomi AS yang paling signifikan pada minggu ini.

Producer Price Index mengejutkan naiknya dalam kebanyakan bulan tahun ini. Inflasi di “factory gate” pada akhirnya akan diterjemahkan menjadi inflasi konsumen. Baik PPI umum maupun PPI inti keduanya meningkat 0.3% pada bulan Juni. Publikasi PPI berfungsi sebagai pemanasan terhadap publikasi CPI pada hari berikutnya. PPI diperkirakan naik sebanyak 0.2% per bulan dari bulan Juni dan PPI inti 0.3%.

Namun, Consumer Price Index (CPI) yang lebih diperhatikan dengan seksama baru akan keluar pada hari Jumat pagi.

Inflasi meningkat di AS, dipimpin oleh harga energi, tetapi harga inti juga naik, mencapai level tahunan 2.3% pada bulan Juni. Sekarang diperkirakan tidak ada “breakthrough” di dalam inflasi inti. Pada level bulanan, CPI umum naik 0.1% pada bulan Juni sementara CPI inti bertambah 0.2%. Data untuk bulan Juli akan menjadi masukan bagi kalkulasi the Fed untuk kenaikan bunga pada bulan September. Baik CPI inti maupun CPI inti angkanya diperkirakan naik 0.2% per bulan.

Support pertama berada pada $1207 yang diikuti dengan level psikologis $1200 yang apabila tertembus akan berhadapan dengan support terakhir pada $1194. Sebaliknya kenaikan dari emas akan berhadapan dengan resistant pertama pada $1220 yang apabila tertembus akan berhadapan dengan resistant berikutnya pada $1234 dan diakhiri dengan $1249.

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here