Harga Karet di TOCOM Naik Rebound dari Terendah 22 Bulan

232

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet pada penutupan pasar hari Senin berbalik dari harga 22 bulan terendah pada minggu lalu, mengikuti kenaikan harga di pasar Shanghai. Kenaikan harga ini hanya kenaikan sementara karena terjadi penguatan harga dari seluruh komoditas lainnya. Sesungguhnya fundamental harga karet selama ini mengalami penurunan karena negara-negara Asia Tenggara penghasil karet persediaannya besar sedangkan ekspor kurang.

Harga karet Januari di TOCOM naik 1.9 yen menjadi 169.9 yen per kg.
Harga karet Januari di Shanghai naik 50 yuan menjadi 11,900 yuan per ton.
Harga karet September di SICOM naik 1.4 sen menjadi USD 134.9 per kg.

Harga karet di TOCOM menjadi panduan harga untuk karet Asia Tenggara.

Berita fundamental dari Malaysia yang dapat mempengaruhi harga karet adalah kunjungan PM Malaysia Tun Dr Mahathir Mohamad ke Cina pada tanggal 17 Agustus sampai tanggal 21 Agustus dimana dilakukan penandatanganan perjanjian dagang yang berhubungan dengan komoditas pertanian seperti minyak sawit dan karet Malaysia.

Perjanjian dagang antar Malaysian Rubber Board dan Hainan State Farm Investment Holding Group Co Ltd untuk bantuan terhadap pengambilan karet dari perkebunan dengan menggunakan mesin-mesin yang akan membantu kekurangan tenaga kerja di perkebunan karet.

Pada tahun 2017 total ekspor hasil perkebunan Malaysia ke Cina sebesar RM23.63 milyar lebih besar 27% dari tahun 2016. Ekspor karet Malaysia ke Cina sebesar RM8.09 milyar.

Analisa tehnikal untuk karet resistant pertama 177.44 yen dan berikut ke 186.37 yen sedangkan support pertama di 157.94 yen dan berikut 147.37 yen.

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here