Harga Soft Commodities Semua Turun, Perkiraan Produksi Meningkat

225

(Vibiznews – Commodity) – Harga soft commodities mengalami penurunan, karena perkiraaan produksi meningkat di semua komoditi, faktor cuaca yang baik di kebun kopi di Vietnam, kebun kakao di Ivory Coast dan ladang tebu di Amerika Tengah.

Harga kopi Desember turun 65 sen menjadi $104.70 per pound.
Harga kopi turun karena produksi Brazil dan Vietnam meningkat, produksi Brazil sebesar 60 juta kantong dan Vietnam 30 juta kantong. Panen di Brazil sudah selesai 75%, tapi petani tidak menjual terlalu banyak karena harga rendah dan biaya pengangkutan mahal. Pohon kopi Arabika mengalami kesulitan karena kurangnya curah hujan pada bulan-bulan terakhir. Kemungkinan terjadi kerugian pada panen berikutnya karena kekeringan ini. Di Amerika Tengah curah hujan sudah membaik sehingga kerugian yang terjadi akibat kekeringan berkurang.

Kopi Robusta dari Vietnam tidak ada pengiriman ke London karena petani menunggu harga yang lebih tinggi untuk melakukan penjualan, akibatnya harga kopi robusta relatif stabil.
Analisa tehnikal support pertama $100 dan berikut $97 sedangkan resistant pertama $105 dan berikut ke $108.

Harga gula Oktober turun 12 sen menjadi $10.18 per pound.
Produksi gula diperkirakan akan melimpah sehingga harga gula cenderung turun. Cuaca kering berlangsung di Brazil, Uni Eropa dan Rusia.

Brazil khawatir akan produksi gula tebunya, karena panen berlangsung lebih awal, sedangkan seharusnya panen baru akan selesai pada bulan Oktober. Namun persediaan dunia masih banyak karena produksi yang melimpah dari Thailand dan India dimana sekarang sedang musim panen. Namun panen sekarang diperkirakan akan berkurang karena cuaca yang kering tapi kondisi tanaman masih bagus dan produksi diperkirakan masih bagus.

Cuaca kering berlangsung di Uni Eropa,Selatan Rusia dan Laut Hitam yang merusak tanaman beet sehingga produksi beet berkurang, berbeda dengan Ukraina curah hujan baik sehingga produksi gula beet baik.

Analisa tehnikal support pertama di $10.00 dan berikut di $9.70 sedangkan resistant pertama di $10.50 dan berikut ke $10.70.

Harga kakao Desember turun $9 menjadi $2,149 perton

Harga kakao cenderung turun karena produksi yang besar di Ivory Coash demikian juga di Ghana dan Nigeria diperkirakan panen akan baik pada tahun ini. Curah hujan baik di daerah Afrika Barat dan hasil panen baik. Kondisi ini bisa berubah kalau terjadi El Nino, namun saat ini kondisi baik. Demikian juga di di Afrika Timur dan Asia keadaan tanaman baik, walaupun di Afrika Timur hujan tidak terlalu banyak.

Analisa tehnikal support di $2,040 dan berikut ke $1,990 sedangkan resistant pertama di $2,200 dan berikut ke $2,240.

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here