Emas Naik Saat Trump Kritik Federal Reserve

325

(Vibiznews-Commodity) Emas melanjutkan pemulihannya memasuki hari keempat pada hari Selasa kemarin dan naik mendekati batas kritikal $1200, namun bertemu dengan resistant interim dekat $1196 pada sesi Eropa pagi hari dan kehilangan keuntungan hariannya.

Walaupun kelemahan dari dolar AS secara luas mengijinkan harga emas untuk mempertahankan momentum “bullish” nya pada hari Selasa kemarin, sedikit pemulihan di USD dan membaiknya sentimen pasar membebani metal kuning berharga. Ekspektasi mengenai Amerika Serikat dan Cina menemukan pijakan yang sama di dalam negosiasi perdagangan nanti pada minggu ini, membantu para investor berbalik dari perhatian mereka terhadap asset yang “risk-sensitif”, yang membuat sulit bagi emas yang “safe-haven” untuk tetap tangguh terhadap dolar AS.

Emas diperdagangkan naik secara moderat pada awal sesi perdagangan Amerika Serikat pada hari Selasa kemarin dan menyodok keatas $1200 dengan dolar AS mengalami suatu tekanan setelah Presiden Trump sekali lagi menegur Federal Reserve. Minggu ini penurunan di pasar emas dan perak menunjukkan tanda-tanda kelelahan, yang menunjukkan dasar pasar dalam jangka pendek sudah terjadi.

Emas berjangka bulan Desember terakhir diperdagangkan naik $4.40 per ons pada $1198.80. Perak Comex bulan September terakhir diperdagangkan naik $0.085 pada $14.76 per ons.

Hal yang terlihat di pasar pada hari Selasa kemarin adalah melemahnya dolar AS dihadapan pernyataan dari Trump kepada para pendukungnya yang mengkritik Federal Reserve dalam hal menaikkan tingkat bunga. Trump dilaporkan berkata bahwa Gubernur Federal Reserve Jay Powell tidak sedang melakukan pekerjaan yang Presiden harapkan dia akan lakukan. The Fed telah menaikkan tingkat bunganya dua kali dalam 1 tahun dan kemungkinan akan menaikkan satu kali lagi pada tahun ini.

Apabila terus naik, “resistan” kritikal yang pertama bagi metal kuning adalah pada $1200/02, setelah itu yang didepan mata naik ke $1212 dan terakhir $1220. Sebaliknya garis “support” bisa dilihat pertama-tama pada $1182 dan selanjutnya pada $1172 dan $1160.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here