Bursa Saham Eropa 30/08 Anjlok Parah

470

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Eropa hari Kamis (30/08) dibuka jatuh  lebih rendah dari akhir perdagangan sebelumnya karena investor terus memantau perkembangan pembicaraan AS-Canada akan revisi NAFTA dan juga adanya sentimen dari laporan pendapatan perusahaan terdaftar.

Indeks Stoxx 600 pan-Eropa diperdagangkan hampir 0,3 persen lebih rendah, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama bergerak di zona merah. Buruknya perdagangan saham dipimpin oleh saham sektor sumber daya dasar yang terbebani oleh kekhawatiran akan ketegangan perdagangan antara AS dan China.

Terpantau kini indeks bursa Jerman DAX melemah 0,66% atau turun 83.52 poin ke posisi 12478. Sedangkan indeks bursa Perancis CAC40 berada di posisi  5492.51  yang turun 8.82 atau 0.16%. Dan indeks bursa London FTSE anjlok 0,80% atau 60.21 ke posisi 7503.00.

Aksi jual saham juga dipicu adanya laporan keuangan beberapa perusahaan besar yang mengecewakan pasar.  Salah satunya saham perusahaan radiosurgery Swedia Elekta anjlok parah setelah melaporkan laba yang  menurun, selain itu  saham kelompok investasi properti Perancis Unibail-Rodamco-Westfield anjlok hingga 3 persen.

Untuk pergerakan selanjutnya hingga akhir sesi Eropa indeks saham kawasan tersebut diperkirakan masih bergerak di zona merah dan dari sisi fundamental kurangnya laporan data ekonomi yang dapat memberikan tenaga.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here