EURUSD 30/08 Tertekan Anjloknya Lira Turki

217

(Vibiznews – Forex) Pair EURUSD pada perdagangan sesi Eropa hari Kamis (30/08)  gagal melanjutkan momentum positif perdagangan hari sebelumnya yang tertekan oleh anjlok parahnya mata uang Turki-Lira. Krisis mata uang salah satu negara berkembang tersebut membuat perdagangan safe haven meningkat khususnya dollar AS.

Sebelumnya pada perdagangan hari Selasa (28/08) pair EURUSD berhasil mencapai puncak tertinggi dalam 4 pekan.  Namun gagal kembali setelah dolar sempat mendaki pasca rilis data PDB AS. Kemudian pair tertekan kembali oleh anjloknya mata uang Lira-Turki.

Pair EURUSD yang dibuka lebih rendah dari akhir perdagangan sebelumnya pada awal sesi Asia sempat naik tinggi ke posisi 1.1718. Kemudian turun kembali hingga mencapai kisaran 1.1674. Kini pair turun 0,14% dari perdagangan hari sebelumnya ke posisi 1.1688.

Untuk perdagangan selanjutnya, pair EURUSD berpotensi melaju kembali pada sesi Amerika jika rilis data PCE index dan juga klaim pengangguran AS menunjukkan data yang mengecewakan pasar.  Sehingga pair akan melangkah menuju kisaran 1.1719 – 1.1765 dan jika tertekan lagi akan turun ke kisaran 1.1672 – 1.1635.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here