Harga Minyak Dunia Terus Mendaki, Termahal Dalam 1 Bulan

245

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah dunia kembali mendaki melanjutkan jalur perdagangan hari sebelumnya, terpantau harga minyak hari Kamis (30/08) sesi Eropa mencetak harga tertinggi dalam 1 bulan. Kenaikan harga minyak mentah juga dibayangi oleh kuatnya permintaan pasar akan dolar.

Harga minyak mentah acuan dunia Brent crude oil naik 0,6 sen atau 0,78%per barel ke posisi $77,87. Demikian juga harga minyak mentah WTI AS naik 0,68% atau 0,47 poin ke posisi $ 69,95.

Kenaikan harga minyak mentah memperpanjang keuntungan atas meningkatnya bukti gangguan pasokan minyak mentah dari Iran dan Venezuela dan setelah penurunan persediaan minyak mentah AS.

Harga minyak jenis Brent telah meningkat hampir 10 persen selama dua minggu terakhir karena persepsi yang tersebar luas bahwa pasar minyak global semakin ketat dan mungkin akan menjadi pendek dalam beberapa bulan ke depan karena sanksi AS membatasi ekspor minyak mentah dari Iran.

Ekspor mentah dari negara anggota OPEC yang dilanda krisis seperti Venezuela juga merosot tajam, berkurang separuh dalam beberapa tahun terakhir menjadi sekitar 1 juta bpd. Kemudian pijakan selanjutnya laporan data inventaris minyak AS  turun 2,6 juta barel dalam seminggu hingga 24 Agustus, menjadi 405,79 juta barel.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here