Emas Terdorong Naik Ke Teritori Positip Dengan “Core CPE” AS Mencapai Target

235

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak mula-mula turun sedikit pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat pada hari Kamis kemarin. Emas berjangka bulan Desember diperdagangkan turun $1.20 per ons pada $1,210.40 dan perak Comex bulan Desember diperdagangkan turun $0.12 pada $14.69 per ons. Namun harga emas berhasil naik ke teritori positip setelah tekanan inflasi secara resmi menyentuh target Federal Reserve.

Pada hari Kamis kemarin, departemen Perdagangan AS berkata bahwa Core Personal Consumption Expenditures Index bertambah 0.2% pada bulan Juli, sesuai dengan yang diperkirakan. Inflasi inti, yang adalah ukuran inflasi yang dipakai oleh the Fed secara tahunan meningkat ke 2%, naik dari angka bulan Juni sebesar 1.9%.

Ini adalah pertama kalinya inflasi menyentuh 2% sejak tahun 2012. Inflasi umum, meningkat 0.1% pada bulan lalu, sesuai dengan yang diperkirakan. Untuk setahun, tekanan inflasi meningkat 2.3%.

Harga emas sedang berada pada teritori yang negatif menjelang data inflasi dikeluarkan dan telah terdorong ke area hijau pada reaksi awal. Emas berjangka bulan Desember terakhir diperdagangkan di $1,211.90 per ons, naik 0.03% pada hari itu.

Laporan dari departemen Perdagangan mengatakan bahwa bersamaan dengan kenaikan tekanan inflasi, belanja pribadi juga meningkat 0.4% pada bulan lalu, sesuai dengan yang diperkirakan. Pada saat yang sama, penghasilan pribadi juga meningkat 0.3% sesuai dengan yang diperkirakan.

Para ekonom menggambarkan data ekonomi yang terbaru sebagai solid dan mendukung outlook Federal Reserve untuk pertumbuhan selanjutnya pada setengah tahun kedua.

Katherine Judge, senior economist pada CIBC World Markets mengatakan bahwa kenaikan inflasi inti tahunan mendukung ekspektasi bahwa the Fed akan menaikkan tingkat bunga pada bulan depan.

Dia berkata,”Ini masih konsisten dengan outlook konsumsi yang solid tetapi menunjukkan bahwa kuartal ketiga akan mengalami perlambatan di dalam pertumbuhan belanja rumah tangga dibandingkan dengan kecepatan yang kuat yang terjadi pada kuartal yang kedua.

Secara tehnikal, Support pertama yang terlihat pada kerendahan dalam minggu ini di $1,205.80 yang apabila tertembus akan berhadapan dengan support kedua pada $1,200.00, sedangkan target penurunan dalam jangka pendek adalah menembus support yang solid pada kerendahan selama bulan Agustus di $1,167.10. Sebaliknya target kenaikan dalam jangka pendek adalah mencapai resistant yang solid di $1,226.00, namun sebelum itu harus menghadapi resistant pertama pada $1,220.70 yang apabila berhasil dilewati akan bertemu dengan resistant kedua pada $1,225.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here