Harga Emas Naik Sedikit Karena Krisis Dagang Global

500

(Vibiznews – Commodity) Harga emas sedang naik pada hari Jumat (31/08) karena investor global melakukan aksi safe haven terhadap aset mereka akibat perselisihan perdagangan yang sedang berlangsung. Pasar memburu emas karena krisis dagang AS – China diperkirakan bertambah runcing.

Harga spot emas LLG naik 0,6 persen pada $ 1,207.06 per ounce  setelah sempat menyentuh posisi harga terendah dalam satu minggu dalam kisaran $ 1,195.95 pada hari Kamis lalu. Namun sepanjang bulan Agustus harga emas turun 1,3 persen sejauh ini, yang merupakan penurunan bulanan kelima berturut-turut.

Dan jika dihitung sejak awal tahun, harga emas telah menurun sekitar 7,7 persen   di tengah meningkatnya sentimen kenaikan suku bunga AS, sengketa perdagangan internasional dan juga krisis mata uang Turki. Selain itu investor lebih memilih dolar sebagai safe-haven.

Dan untuk perdagangan selanjutnya hingga perdagangan bulan Agustus berakhir malam ini, analis Vibiz Research Center memperkirakan posisi kenaikan harga emas ini masih dapat dipertahankan sekalipun terdapat koreksi oleh usaha reboundnya dollar AS yang terpantau pada sesi Eropa.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here