Indeks Pan Eropa Stoxx 600 Naik Didukung Saham Teknologi Dan Otomotif

505

(Vibiznews – Index) – Dipimpin oleh teknologi dan otomotif saham, indeks Eropa naik pada hari Jumat setelah pasar Asia naik dengan harapan yang positip terhadap pembicaraan perdagangan baru antara Amerika Serikat dan China.

Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,5 persen pada pukul 07:25 GMT, bersiap untuk menutup kenaikan mingguan terkuatnya dalam tujuh minggu.

Investec (INVP.L) melonjak 12 persen ke atas STOXX dan FTSE 100 setelah perusahaan mengatakan akan melakukan demerger dan akan memisahkan beberapa pengelolaan asset-asset utamanya.

Saham teknologi .SX8P berada di antara top gainers, naik 0,7 persen setelah Apple naik lebih lanjut di Wall Street mengikuti di Eropa, memicu rebound di sektor teknologi.

Produsen chip AMS (AMS.S), Infineon (IFXGn.DE), dan Siltronic (WAFGn.DE) yang naik 2,4 menjadi 6,3 persen. STMicro (STM.MI) mendapat dorongan ekstra ketika analis Bank of America Merrill Lynch menaikan nilai sahamnya menjadi “Netral”.

Harga saham Autos .SXAP juga naik 0,6 persen, setelah munculnya berita bahwa China dan Amerika Serikat direncanakan akan memasuki putaran baru perundingan perdagangan untuk meredakan sengketa yang telah menganggu pasar.

Sementara itu, saham housebuilders Inggris, Taylor Wimpey (TW.L) dan Development Barratt (BDEV.L) adalah saham berkinerja terburuk di dalam indeks FTSE 100. Mereka turun 0,8 menjadi 0,9 persen setelah Gubernur Bank of England Mark Carney memperingatkan para menteri bahwa ke tidak adanya kesepakatan dalam Brexit adalah penyebab turunnya harga rumah sampai 35 persen selama tiga tahun, menurut Times.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here