Pasar Global Mendapatkan Kekuatannya Dari Wall Street, Bursa Asia Dan Eropa

555

(Vibiznews – Index) – Saham dunia mencapai level tertingginya dalam lebih dari enam bulan pada hari Jumat karena investor mengambil pandangan bahwa pertukaran tarif terbaru antara Amerika Serikat dan China mungkin kurang merusak daripada yang ditakutkan sebelumnya.

Saham Eropa terus bergerak naik yang dimulai di Wall Street semalam dan berlari melalui pasar Asia, dengan indeks pan-Eropa STOXX 600 naik 0,4 persen pada 12:23 GMT.

Rally di pasar Tiongkok juga membantu mengangkat indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang sebesar 1,27 persen, sebagian dengan harapan bahwa Beijing akan memompa lebih banyak uang ke dalam ekonomi untuk menghadapi perang dagang. Sampai hari ini Indeks ini telah meningkat 4,6 persen dari terendah 14 bulan pada 12 September.

Indeks CSI 300 saham Shanghai dan Shenzen, yang jatuh ke terendah dua tahun pekan lalu, naik 3 persen, menempatkannya di jalur untuk kenaikan mingguan terbesarnya selama lebih dari dua tahun.

Nikkei Jepang naik 0,8 persen, mencapai tertinggi delapan bulan.

Kekuatan yang luas di seluruh pasar membantu MSCI All-Country World Index, yang melacak saham di 47 negara, mencapai level tertingginya sejak 13 Maret. Indeks ini telah naik 0,4 persen dan bergerak menjadi kenaikan mingguan terbesarnya.

Di Wall Street, saham industri memimpin kenaikan pada hari Kamis. Indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,95 persen, sementara S & P 500 naik 0,78 persen dan keduanya mencapai rekor tertinggi.

Di pasar mata uang, dolar berbalik positif pada hari setelah tergelincir ke level terendah dua bulan terhadap sekeranjang mata uang utama karena kekhawatiran mereda di atas deretan perdagangan.

Euro terakhir diperdagangkan pada $ 1,1767, sedikit berkurang pada hari setelah menyentuh tertinggi 3 bulan $ 1,18030 setelah keluarnya data manufaktur untuk zona euro yang berada di bawah perkiraan.

Pound terakhir berada di $ 1,3228, turun 0,3 persen dan yen merosot ke level terendah dua bulan di 112,88 terhadap dolar.

Harga minyak naik menjelang pertemuan OPEC dan eksportir minyak mentah besar lainnya yang akan fokus pada peningkatan produksi karena sanksi AS membatasi ekspor Iran.

Di Eropa pada hari Jumat, minyak mentah ringan AS naik 0,7 persen pada $ 70,82 per barel. Minyak mentah Brent naik 1 persen menjadi $ 79,53 per barel.

Harga emas di pasar spot naik 0,1 persen menjadi $ 1,208.93 per ounce.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here