Keuntungan Bursa Eropa 26/09 Ditopang Saham Penerbangan

150

(Vibiznews – Index)- Setelah perdagangan saham Asia hari Rabu (26/09) ditutup lebih tinggi dari perdagangan hari sebelumnya, perdagangan saham Eropa dibuka flat dengan indeks yang mixed. Investor menahan uangnya untuk beli saham menunggu arahan selanjutnya dari pengumuman kebijakan Fed beberapa jam lagi.

Indeks Stoxx 600 pan-Eropa dibuka flat, dengan saham berbagai sektor  bergerak ke arah yang berlawanan. Saham pembuat mobil menjadi saham pecundang paling banyak dalam transaksi awal, yang sahamnya turun lebih dari 1 persen.

Terpantau indeks bursa saham Inggris, indeks FTSE   menguat  3.73 poin atau 0.05% ke posisi 7471.87. Demikian juga dengan indeks bursa saham Perancis CAC  naik 15.21 poin atau 0,28% pada posisi 5494.31. Sedangkan indeks bursa saham Jerman yaitu DAX turun 14.85 poin  atau 0,12% pada posisi 12359.81.

Melihat pergerakan saham-saham  secara umum, saham Bouygues naik 2,3 persen dan memimpin kenaikan di seluruh bursa Eropa  setelah mendapat upgrade peringkat dari JP Morgan. Kemudian saham di beberapa maskapai penerbangan turun dalam transaksi awal, dengan saham Easyjet turun 1,4 persen dan Air-France-KLM turun hampir 2 persen.

Untuk pergerakan indeks selanjutnya, pelaku pasar sedang menunggu berita dari Federal Reserve AS dengan perkiraan akan umumkan kenaikan suku bunga seperempat poin. Sementara itu, Brexit terus membuat pasar Eropa sibuk dimana hari Selasa  Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan bahwa tidak akan ada kepentingan nasional untuk mengajukan pemilihan umum lain selama negosiasi keluar.

Sebagai info, perdagangan saham Eropa kemarin ditutup hijau dengan indeks Eropa Stoxx 600 naik setengah persen. Indeks DAX Jerman naik tipis 0,2 persen, indeks CAC 40 Perancis naik 0,1 persen dan FTSE 100 AS naik 0,7 persen.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here