PT INALUM Jadi Pemegang Saham Mayoritas Divestasi Freeport

311

(Vibiznews – Economy & Business) – Akhirnya pemerintah Indonesia berhasil melakukan divestasi saham PT Freeport Indonesia (PTFI). Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto telah melakukan penandatanganan Perjanjian Divestasi PT Freeport Indonesia (PTFI), Perjanjian Jual Beli Saham PT Rio Tinto Indonesia (PTRTI), dan Perjanjian Pemegang Saham PTFI.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PT INALUM Budi G. Sadikin dan CEO FCX Richard Adkerson disaksikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya  Mineral (Menteri ESDM) Ignasius Johan, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) Rini Soemarno di Gedung ESDM, Jakarta, pada hari Kamis (27/09).

Seperti dikutip dari Siaran Pers Bersama Kementerian ESDM, Kemenkeu, Kementerian BUMN dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, jumlah saham PTFI yang dimiliki PT INALUM akan meningkat dari 9,36% menjadi 51,23%. Pemda Papua akan memperoleh 10% dari 100% saham PTFI. Perubahan kepemilikan saham ini akan resmi terjadi setelah transaksi pembayaran sebesar US$3,85 miliar atau setara dengan Rp56 triliun kepada FCX diselesaikan sebelum akhir tahun 2018.

Menkeu menyampaikan rasa bangganya mengingat divestasi ini tidak mudah, banyak sekali detil negosiasi yang harus melalui proses yang rumit dan alot. Namun demikian, dengan niat baik dan saling menghormati semua pihak perjanjian ini dapat terwujud dengan baik dengan guidance dari Bu Rini (Menteri BUMN) pada PT INALUM dan dengan Richard Adkerson (dari sisi) leadership sehingga bisa mencapai kesepakatan untuk pengambilalihan 51% saham yang ditandatangani dalam bentuk Sales and Purchase Agreement. Hal ini merupakan suatu yang fenomenal dan bersejarah bagi Indonesia. Divestasi tersebut juga menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia merupakan tempat melakukan bisnis secara baik dengan prinsip saling menguntungkan dan menghormati.

 

Belinda Kosasih/Coordinating Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting Group

Editor: Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here