Sektor Pertambangan Tekan Saham Eropa Ke Zona Merah

495

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa lebih rendah pada Jumat pagi waktu perdagangan Eropa karena investor menunggu laporan pekerjaan utama dari AS setelah patokan hasil Treasury AS melonjak ke level tertinggi tujuh tahun.

Pan-Eropa Stoxx 600 turun sekitar 0,5 persen selama sesi perdagangan tengah hari, hampir di semua sektor dan bursa-bursa besar menunjuk pada teritori negatif.

Saham-saham sumber daya dasar – dengan eksposur berat mereka ke China – memimpin penurunan di Eropa pada hari Jumat. Antofagasta, Anglo American dan Rio Tinto semuanya berdagang lebih dari 3,5 persen lebih rendah.

Melihat saham individu, Danske Bank Denmark jatuh ke dasar patokan Eropa pada hari Jumat. Saham yang terdaftar di Kopenhagen jatuh lebih dari 9 persen karena berita yang menyatakan bahwa bank ini sedang menghadapi penyelidikan kriminal AS dalam skandal pencucian uang senilai 200 miliar euro ($ 230,1 miliar) di cabang Estonia. Harga saham bank terbesar Denmark ini telah kehilangan sepertiga dari nilainya sejauh tahun ini.

Di Asia, saham bergoyang setelah imbal hasil obligasi AS melonjak ke posisi tertinggi beberapa tahun. Indeks MSCI Asia Pasifik, kecuali Jepang, turun 0,3% pada hari Jumat.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here