Harga Soft Commodities Di Akhir Minggu Semua Naik

187

(Vibiznews – Commodity) – Harga soft commodities di akhir minggu hampir semua naik, harga kopi meningkat karena di akhir minggu trader menutup posisi jual dan juga di Brazil penjualan ditutup karena Pemilu, Harga gula naik mengikuti kenaikan minyak mentah.

Harga kopi Desember naik $2 menjadi $108.95 per pound.
Pada hari minggu ada Pemilu di Brazil sehingga para petani menghentikan panen sampai selesainya pemilu. Dengan adanya pemilu terjadi penguatan mata uang Brazil Real terhadap dolar yang juga mempengaruhi harga kopi.
Tekanan penurunan harga terus terjadi di pasaran berjangka dengan perkiraan produksi yang meningkat baik di Brazil maupun Vietnam. Pada akhir minggu para trader cenderung melakukan penutupan posisi jual sehingga harga terlihat meningkat.

Panen berikut di Vietnam sudah hampir berlangsung lagi sehingga untuk mengosongkan gudang-gudang persediaan dari produk panen sebelumnya petani melakukan penjualan dengan lebih besar lagi. Persediaan akhir meningkat diperkirakan sekitar 2.402 juta kantong.

Cuaca di Brazil masih kering sampai akan hujan pada hari Senin dan temperatur juga masih diatas normal. Columbia beberapa daerah hujan. Amerika Tengah dan Mexico Selatan hujan. Vietnam hujan.
Analisa tehnikal support pertama di $103 dan berikut ke $102, sedangkan resistant pertama di $110 dan berikut ke $111.

Harga kakao Desember meningkat $14 menjadi $2.024 per ton.
Di Afrika Barat panen baru dimulai dan produksi kakao dapat berkurang karena adanya jamur Black Pod akibat cuaca dengan kelembaban yang tinggi di daerah perkebunan Afrika Barat.

Hasil panen di Ivory Coast meningkat, demikian juga di Ghana dan Nigeria hasil panen terlihat meningkat. Afrika Timur dan Asia perkebunan kakao juga dalam keadaan baik. Cuaca di Indonesia dan Malaysia curah hujan cukup dan suhu normal.
Analisa tehnikal support pertama di $2.000 dan lanjut ke $1.980 sedangkan resistant berada di $2.100 dan berikut ke $2.140.

Harga gula Maret 2019 naik 30 sen menjadi $12.63 per pound.
Harga gula naik karena didukung oleh kenaikan harga minyak dimana tebu selain dibuat gula bisa menjadi etanol yang menjadi bahan bakar substitusi pengganti minyak mentah.

Produsen gula di Brazil tidak melakukan penjualan sampai pemilu Presiden selesai. Pemilu Presiden dilakukan pada hari Minggu.

Cuaca kering masih berlangsung di Brazil, Uni Eropa dan Rusia, kecuali di Ukraina cuaca baik. Hujan akan turun di Brazil pada akhir minggu dan suhu masih diatas normal. Cuaca yang kering di Uni Eropa, Rusia dan Laut Hitam membuat kerusakan di perkebunan beet, sehingga produksinya diperkirakan berkurang. Cuaca di daerah perkebunan tebu yang baik untuk tanaman tebu terjadi di Thailand dan India sehingga produksi gula besar.

Analisa tehnikal pada gula support pertama di $11.80 dan berikut ke $11.40 sedangkan resistant di $12.40 dan berikut ke $12.70.

Loni T / Analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here