Pasar Eropa Melemah Tajam, Pernyataan IMF Goyang Pasar Global

360

(Vibiznews – Index) – Pasar Eropa melemah tajam pada jam makan siang Kamis, menyusul penurunan tajam di AS semalam di tengah kekhawatiran atas kenaikan suku bunga yang cepat dan perlambatan perkiraan pertumbuhan global.

Pan-Eropa Stoxx 600 turun 1,8 persen selama transaksi sore, dengan layanan keuangan dan saham minyak dan gas memimpin kerugian. Aksi jual dramatis di Wall Street pada sesi sebelumnya mendorong patokan Eropa jatuh ke level terendahnya dalam lebih dari 20 bulan.

Pasar ekuitas global telah jatuh saat meningkatnya ketakutan tentang pertumbuhan ekonomi global dan naiknya suku bunga. Dana Moneter Internasional (IMF) memperingatkan awal pekan ini bahwa tekanan perdagangan yang mendidih, seperti antara AS dan China, dapat menyebabkan “kemerosotan tiba-tiba dalam sentimen risiko, memicu koreksi berbasis luas di pasar modal global dan pengetatan tajam dalam kondisi keuangan global. “

Sementara itu, hasil Treasury AS telah naik ke tertinggi multi-tahun minggu ini, meskipun mereka mengupas kenaikan hingga sesi perdagangan hari Rabu.

Akibatnya, sebagian besar saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada hari Kamis. WH Smith Inggris jatuh ke bagian bawah indeks setelah mengumumkan rencana baru untuk merestrukturisasi toko high street-nya.

Hays Inggris juga menarik lebih dari 10 persen setelah agen perekrutan memperingatkan headwinds mata uang dapat mencapai tahun fiskal 2019.

Dalam berita perusahaan, produsen mobil Jerman BMW menginvestasikan $ 4,2 miliar dalam usaha patungannya dengan perusahaan China, Brilliance Auto, memberikan BMW saham mayoritas.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here