Bursa Eropa Tergelincir Seiring Kemerosotan Bursa Wall Street

628

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa ditutup melemah tajam pada Kamis, dipengaruhi oleh penurunan tajam bursa saham AS.

Indeks Stoxx 600 Eropa menutup sesi turun 1,95 persen, dengan saham jasa keuangan dan saham minyak dan gas memimpin kerugian. Aksi jual dramatis di Wall Street pada sesi sebelumnya telah mendorong patokan Eropa untuk jatuh ke level terendahnya dalam lebih dari 21 bulan sebelum sedikit pulih.

Di London, indeks FTSE 100 di London merosot 1,94 persen. Di Jerman, indeks DAX ditutup turun 1,36 persen, sementara saham yang terdaftar di indeks CAC 40 di Paris kehilangan 1,79 persen rata-rata.

Pasar ekuitas global telah jatuh dalam beberapa hari terakhir di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi global dan naiknya suku bunga. Di Amerika Serikat, Nasdaq berteknologi tinggi berada di jalur untuk bulan terburuknya sejak November 2008.

Melihat saham individu di Eropa, WH Smith Inggris jatuh ke bagian bawah indeks setelah mengumumkan rencana baru untuk merestrukturisasi toko high street-nya. Saham yang terdaftar di London ini berakhir turun 11,16 persen di tengah berita.

Hays Inggris juga diperdagangkan melemah tajam, setelah agen perekrutan memperingatkan headwinds mata uang dapat mencapai tahun fiskal 2019. Saham perusahaan berakhir lebih rendah sebesar 10,4 persen

Sementara itu, saham di Jerman Dialog Semiconductor naik 16,58 persen duduk di atas indeks Stoxx 600 pada Kamis. Saham perusahaan melonjak setelah mengumumkan kesepakatan baru senilai $ 600 juta dengan Apple.

Pemain pasar juga mencerna komentar dari Presiden Donald Trump. Pada hari Rabu, dia mengkritik Federal Reserve AS sekali lagi karena desakannya pada tingkat kenaikan.

Dana Moneter Internasional (IMF) telah memperingatkan awal pekan ini bahwa tekanan perdagangan yang mendidih, seperti antara AS dan China, dapat menyebabkan “penurunan mendadak dalam sentimen risiko, memicu koreksi berbasis luas dan tajam di pasar modal global dan pengetatan kondisi keuangan global.”

Kembali di Eropa, Brexit sebagian besar dalam fokus setelah kepala perunding Brexit Uni Eropa, Michel Barnier, mencapai nada optimis pada kesepakatan untuk penarikan akhirnya Inggris dari blok, mengatakan kesepakatan itu dapat dicapai segera setelah minggu depan.

Namun Barnier menekankan bahwa Inggris yang tersisa di serikat pabean akan menjadi solusi terbaik untuk menghindari perbatasan keras antara daratan Irlandia dan Irlandia Utara.

Dalam berita perusahaan, produsen mobil Jerman BMW mengumumkan investasi $ 4,2 miliar dalam usaha patungan dengan perusahaan Cina Brilliance Auto – memberikannya saham mayoritas. BMW adalah produsen mobil besar pertama yang mengendalikan perusahaan patungan di China.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang berpotensi naik dengan aksi bargain hunting setelah merosot tajam 2 hari berturut-turut. Harapan pertemuan Trump dengan Jin Ping juga dapat memberikan sentimen positif.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here