Harga Minyak Sawit Naik Ke Tertinggi Satu Minggu

199

(Vibiznews – Commodity) – Harga minyak sawit naik ke tertinggi 1 minggu naik sebesar lebih dari 1% , kenaikan harga ini karena mengikuti kenaikan dari harga minyak kedelai, kenaikan harga minyak mentah dan menurunnya produksi.

Harga minyak sawit Desember di Bursa Malaysia Derivatives Exchange naik 1.1% menjadi 2,218 ringgit (USD533.69) per ton. Harga sempat naik 1.2% menjadi 2,220 ringgit tertinggi sejak 5 Oktober. Volume transaksi 21,312 lot dengan 25 ton per lot.

Harga minyak kedelai di Chicago naik 1.3% pada hari Jumat setelah laporan hasil panen di US lebih kecil dari yang diharapkan. Di Dalian Commodity Exchange harga minyak kedelai naik 0.5% sedangkan harga minyak sawit di Dalian naik 1.4%.

Yang mempengaruhi kenaikan harga minyak sawit adalah karena harga minyak mentah naik pada hari Senin ini akibat ketegangan geopolitik karena hilangnya jurnalis Arab Saudi sehingga mempengaruhi persediaan. Dengan naiknya harga minyak mentah dapat meningkatkan permintaan minyak sawit sebagai biodiesel bahan bakar substitusi minyak mentah. Harga minyak sawit berada pada range 2,214 – 2,228 ringgit perton.

Loni T / Analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here