Harga Soft Commodities Di Akhir Minggu Lalu Naik

201

(Vibiznews – Commodity) – Harga soft Commodities pada akhir minggu lalu semua naik, penundaan penjualan di Brazil akibat dari pemilu Presiden putaran kedua, Cuaca kering di Eropa, melemahnya Real Brazil.

Harga kopi Desember naik $3.65 menjadi $116.55 per pound.
Produksi kopi meningkat di Brazil dan Vietnam membuat harga kopi tertekan turun, namun meningkatnya suku bunga AS dan tingkat inflasi membuat harga naik.

Di Vietnam sedang menanti panen yang akan datang, sehingga para petani harus menjual persediaannya untuk mengurangi gudang- gudang persediaan sehingga hasil panen dapat masuk ke gudang-gudang yang ada.
Produsen di Brazil tidak akan melakukan penjualan sampai selesainya pemilu putaran yang kedua sampai terpilihnya pemenangnya dan juga menanti berhentinya kurs real melemah atas USD.

Analisa tehnikal support pertama di $111 dan berikut ke $109 sedangkan resistant pertama di $119 dan berikut ke $123.

Harga gula Maret 2019 naik 15 sen menjadi $13.07 per pound.
Melemahnya kurs Real Brazil terhadap USD membuat terjadi penjualan di New York tapi tidak demikian di Eropa dengan mengetatnya persediaan gula mengakibatkan harga gula tetap menguat di London.
Menguatnya harga gula di London diakibatkan karena hasil panen gula beet di Eropa dan Rusia berkurang akibat cuaca kering yang merusak ladang beet.

Harga di New York tetap masih naik karena terjadinya penghentian penjualan di Brazil akibat dari adanya pemilu putaran kedua sampai terpilih pemenangnya.

Cuaca yang kering masih terus berlangsung di Uni Eropa dan Rusia, namun Ukraina cuaca baik. Hujan telah mulai turun di Brazil. India dan Thailand cuacanya sangat baik.

Analisa tehnikal pada gula support pertama di $12.60 dan berikut ke $12.50 sedangkan resistant pertama di $13.20 dan berikut ke $13.50.

Harga kakao Desember naik $63 menjadi $2,160 per ton.
Panen sedang berlangsung di Afrika Barat yang menekan harga kakao untuk turun, tapi penurunan tidak bisa terus karena panen terhalangi oleh huja dan juga kelembabannya mengakibatkan adanya jamur Black Pod yang menyerang beberapa tanaman di Afrika Barat.

Panen di Ivory Coast besar, demikian juga di Ghana dan Nigeria panen juga baik. Petani di Ghana dan Ivory Coast akan bergabung untuk menetapkan harga minimum, supaya petani dan pedagang tidak mengalami kerugian yang besar. Hal ini juga terjadi di Asia dan Afrika Timur permintaan harus lebih ditingkatkan.

Persediaan menurut ICE lebih kecil, menjadi 4.066 juta kantong.
Analisa tehnikal support pertama di $2,060 dan lanjut ke $2,000 sedangkan resistant pertama di $2,190 dan berikut ke $2,220.

Loni T/ Analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here