Pan Eropa Stoxx 600 Turun Dipimpin Sektor Otomotif Dan Perbankan Italia

696

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa berbalik lebih rendah selama transaksi tengah pagi karena laporan hasil perusahaan kuartal ketiga lemah dan membebani sentimen.

Pan-Eropa Stoxx 600 turun 0,5 persen selama transaksi tengah hari, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama berada di wilayah negatif.

Saham otomotif bersama dengan perjalanan dan rekreasi adalah sektor berkinerja terburuk di tengah berita perusahaan. Michelin jatuh lebih dari 7 persen, hari terburuk dalam tujuh tahun, setelah mengumumkan prakiraan satu tahun penuh yang lebih rendah. InterContinental turun 6 persen karena analis menafsirkan pembaruan terbarunya sebagai “lemah.”

Stok minyak dan gas Eropa berada di atas garis datar. Aker BP dari Norwegia, sebagian dimiliki oleh perusahaan minyak utama BP, adalah pemain sektoral top, setelah perusahaan melaporkan perkiraan laba operasi kuartal ketiga yang lebih kuat dari perkiraan. Saham Olso juga naik lebih dari 1 persen.

Melihat saham individu, Prancis Sopra Steria Group jatuh ke bagian bawah patokan Eropa setelah perusahaan memangkas proyeksi pendapatan setahun penuh pada hari Jumat. Sahamnya melesat turun lebih dari 25 persen.

Pemerintah Italia telah mempertahankan prioritas anggaran 2019 setelah Komisi Eropa mengirim surat ke Roma, dengan alasan bahwa rencana keuangan tampaknya menunjukkan “ketidaksesuaian sangat serius dengan kewajiban kebijakan anggaran yang ditetapkan” dalam aturan Eropa. Italia harus membalas Komisi Eropa pada hari Senin.

Saham di bank-bank Italia merosot di baris terakhir antara Roma dan Brussels. Ubi Banca turun 6 persen dan UniCredit turun 3,6 persen.

Para pemimpin Eropa dan Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka bekerja keras untuk mengatasi kebuntuan yang sedang berlangsung dalam pembicaraan Brexit. Namun, ide May untuk memperpanjang proses transisi telah memicu gelombang kritik kembali di London, di mana beberapa anggota parlemen ingin melihat pemisahan dari Uni Eropa sesegera mungkin.

Data mengenai angka pinjaman bersih sektor publik Inggris, tidak termasuk bank, turun 35 persen dari April hingga September dibandingkan dengan tahun lalu.

Di Asia, saham juga bervariasi setelah China melaporkan tingkat pertumbuhannya untuk kuartal ketiga tahun ini. Angka 6,5 persen tahun ke tahun berada di bawah ekspektasi dan merupakan laju terlemah yang terlihat sejak kuartal pertama tahun 2009.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here