Pertumbuhan Bisnis Oktober Zona Eropa Terlemah 2 Tahun

273

(Vibiznews – Economy & Business) Pertumbuhan bisnis sektor swasta zona Eropa menurun dalam laju terlemah lebih dari dua tahun pada bulan Oktober karena melambatnya pertumbuhan sektor manufaktur dan jasa, data survei terbaru dari IHS Markit menunjukkan pada hari Selasa (06/11).

Indeks Pembelian Manajer gabungan, atau PMI, turun menjadi 53,1 dari 54,1 pada bulan September. Pembacaan adalah yang terendah sejak September 2016. Pembacaan flash untuk PMI komposit adalah 52,7.

Skor di atas 50 menunjukkan pertumbuhan di sektor swasta.

PMI sektor jasa bergeser ke 53,7 dari 54,7 pada bulan September. Pembacaan flash adalah 53,3. Skor terbaru mencerminkan ekspansi paling lambat sejak awal tahun 2017, kata IHS Markit.

Data survei sebelumnya menunjukkan bahwa manufaktur kawasan zona Eropa tumbuh pada kecepatan paling lambat dalam hampir empat tahun selama Oktober.

Di antara negara-negara zona Eropa, Irlandia kembali mencatat peningkatan aktivitas sektor swasta yang paling kuat, meskipun pertumbuhan produksi berada pada tujuh bulan terendah. Pertumbuhan di Prancis dan Spanyol berada di atas rata-rata historis.

Sementara itu, pertumbuhan sektor swasta menurun ke level terendah lima bulan di Jerman dan laju ekspansi adalah yang terendah bersama dalam lebih dari dua tahun.

Di Italia, aktivitas sektor swasta menurun untuk pertama kalinya sejak akhir 2014.

Lemahnya keuntungan, yang paling lambat dalam lebih dari dua tahun, dalam bisnis baru yang masuk sebagian besar harus disalahkan atas penurunan pertumbuhan aktivitas secara keseluruhan.

Ketenagakerjaan tumbuh kuat di Jerman, Perancis dan Irlandia, dan keuntungan sederhana terlihat di Italia dan Spanyol.

Survei juga menunjukkan peningkatan tajam dalam biaya operasional perusahaan karena harga energi dan bahan bakar yang lebih tinggi, dan biaya tenaga kerja sampai batas tertentu, meningkatkan inflasi. Akibatnya, perusahaan menaikkan harga produksi mereka dengan kuat.

Kepercayaan bisnis di kawasan Eropa merosot ke level terendah dalam hampir empat tahun, survei menemukan, dengan perusahaan yang masih khawatir tentang proteksionisme dan perkembangan politik baru-baru ini.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here