Bursa Eropa Jadi Untung Karena Hasil Pemilu AS

301

(Vibiznews – Index)-  Perdagangan saham kawasan Eropa  hari Rabu (07/11) diperdagangkan lebih tinggi  karena investor mencerna hasil pertama dalam pemilihan Kongres AS. Indeks beberapa bursa rebound setelah perdagangan sebelumnya alami tekanan jual.

Terpantau indeks Stoxx 600 pan-Eropa naik 0,6 persen dengan hampir semua sektor di zona biru. Saham perbankan dan ritel adalah pemain terbaik, naik lebih dari 1,2 persen. Seperti saham bank Spanyol  naik lebih tinggi setelah putusan Mahkamah Agung bahwa bank tidak diharuskan membayar bea meterai atas hipotek, menghindarkan mereka dari berpotensi harus mengganti miliaran euro ke peminjam yang selama bertahun-tahun telah membayar pajak itu sendiri.

Melihat berita saham individu, Adidas turun 3,8 persen dalam transaksi awal, meskipun naik panduan laba untuk tahun ini. Di Inggris, saham perusahaan pengembang perumahan Kesemek mengumumkan bahwa CEO-nya Jeff Fairburn akan meninggalkan perusahaan pada akhir tahun. Fairburn mengatakan bahwa skandal terkait bonus multi-juta pound merupakan gangguan berkelanjutan yang telah merusak reputasi perusahaan.

Namun investor menutup mata dan fokus melihat kondisi politik Amerika Serikat yang sudah terpantau hasil sementara pemilihan anggota Kongres AS dimana Demokrat  memenangkan kendali Dewan Perwakilan Rakyat. Investor akan memantau terus hasil akhir pemilihan tersebut untuk memahami apa kemungkinan implikasi dari suara untuk kebijakan AS.

Terpantau indeks bursa saham Inggris FTSE 100 naik sebesar 1.05 %, perdagangan saham Jerman indeks DAX naik 1,09%  demikian juga dengan perdagangan saham di Perancis dengan indeks  CAC 40 naik 1,27%.

Sebagai informasi, perdagangan sebelumnya bursa Eropa ditutup melemah dengan indeks  Eropa Stoxx 600 Eropa melemah 0,3 persen. Indeks DAX Jerman tergelincir 0,1 persen, indeks CAC 40 Perancis turun setengah persen dan FTSE 100 Inggris turun 0,9 persen.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here