Harga Emas Bergerak Naik Merespon Hasil Pemilu Kongres AS

340

(Vibiznews – Commodity) Harga Emas diperdagangkan lebih tinggi pada Rabu karena investor mencari perlindungan dari volatilitas pasar dan ketidakpastian seputar hasil pemilihan kongres AS.

Harga emas spot naik 0,15 persen pada $ 1,228.75 per ons, setelah menyentuh terendah sejak 1 November di $ 1,222.90 pada awal sesi.

Emas berjangka AS naik 0,33 persen menjadi $ 1.230,30 per ons.

Demokrat meningkatkan gelombang ketidakpuasan terhadap Presiden AS Donald Trump untuk memenangkan kendali parlemen AS.

Kemenangan itu menciptakan rintangan yang jelas bagi Partai Republik untuk dengan mudah meloloskan undang-undang melalui kedua bagian Kongres, mengaburkan prospek untuk beberapa proposal ekonomi utama Trump.

Saham berjangka Wall Street dan saham Asia melemah setelah kemenangan Demokrat, sementara dolar melemah terhadap sebagian besar mitra utamanya, membantu daya tarik emas batangan di antara pemegang mata uang lainnya.

Sementara hasil pemilu secara luas sejalan dengan ekspektasi pasar, prospek kemacetan politik menciptakan ketidakpastian bagi investor.

Investor juga menunggu pertemuan dua hari dari Federal Reserve mulai hari ini untuk mengukur prospek kebijakan moneter AS.

Pembuat kebijakan Fed tidak diharapkan untuk menaikkan suku bunga utama, tetapi para pedagang sedang menunggu untuk melihat apakah mereka menawarkan petunjuk tentang kemungkinan kenaikan suku bunga pada bulan Desember dan pada tahun 2019, kata para analis.

Di antara logam mulia lainnya, perak naik 0,4 persen menjadi $ 14,59 per ons, sementara palladium turun 0,2 persen pada $ 1,114.25 per ons.

Platinum naik 0,2 persen pada $ 869,50 per ounce. Di sesi sebelumnya, menyentuh tertinggi sejak 25 Juni di $ 875,70.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi naik seiring melemahnya dolar AS pasca hasil pemilu kongres AS. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,231-$ 1,233. Namun jika turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,227-$ 1,225.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here