Harga Emas LLG Tambah Mahal Jika Dolar Semakin Tertekan

134

(Vibiznews – Commodity) – Harga emas  hari Rabu (07/11) dengan cepat bergerak fluktuatif yang sempat membalikkan penurunan dari posisi terendah empat hari hingga naik  jauh di atas level $ 1230. Namun kini pasar lakukan profit taking dan turun kembali ke posisi atas penutupan perdagangan sebelumnya.

Sentimen pasar yang lebih luas didorong oleh hasil pemilu Kongres AS  sebagai salah satu faktor utama yang mempengaruhi aksi positif harga logam mulia. Dan hasil pemilihan yang mengkonfirmasi Kongres terpecah menjadi prospek kemacetan legislatif sehingga menjadi katalis negatif untuk dolar AS dan mendukung permintaan kuat untuk komoditas berdenominasi dolar.

Kekuatan emas juga ditambah dengan penurunan imbal hasil obligasi Treasury AS dan tetap mendukung rebound intraday yang solid dari level rendah empat hari di $ 1223. Namun secara teknikal pergerakan naik menjadi beberapa resistensi kuat pada level yang lebih tinggi di tengah mood pasar perdagangkan aset berisiko yang kuat seperti saham sehingga cenderung melemahkan status safe-haven logam mulia ini.

Selain itu, investor mungkin juga enggan untuk menempatkan taruhan agresif menjelang pembaruan kebijakan moneter FOMC terbaru pada hari Kamis, yang mungkin membantu menentukan arah langkah berikutnya komoditas tersebut. Oleh karena itu, akan lebih bijaksana untuk menunggu pembelian yang kuat sebelum pedagang mulai memposisikan untuk pergerakan jangka pendek lebih lanjut di tengah tidak adanya rilis ekonomi yang relevan membuat pasar  bergerak  pada hari Rabu.

Harga emas LLG kini naik 0,24 persen pada $ 1,231.00 per ounce dan sore tadi harga emas sempat mencapai posisi $1236.46. Harga emas awal perdagangan sesi Asia dibuka pada posisi $1226.76 setelah perdagangan sebelumnya ditutup pada posisi $1226.59.

Untuk perdagangan selanjutnya menurut analyst Vibiz Research Center, jika dolar AS semakin tertekan harga emas  akan menyentuh kisaran harga resisten keras pada kisaran $1237-39 dan jika tembus akan menguji ulang posisi tertinggi multi-bulan di sekitar $1243-44. Namun jika terjadi koreksi, harga emas akan turun ke kisaran $1227-26 dan jika tembus mempercepat jatuhnya ke $1223  hingga ke support $1217-15.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here