Update Pemilihan Kongres AS: EUR/USD Lompat Kembali Dengan Peluang Demokrat Membaik Di DPR

87

(Vibiznews-Forex) EUR/USD diperdagangkan disekitar 1.1430 diatas dari kerendahan 1.1400 yang terlihat sebelumnya namun masih dibawah dari ketinggian 1.1473. Hasil-hasil yang baru menunjukkan bahwa Demokrat memperbaiki peluang mereka di DPR.

EUR/USD sempat turun 70 pips dari ketinggian selama sesi di 1.1473 menjadi 1.1398 pada menit-menit terakhir karena jatuhnya probabilita dari Demokrat untuk mengambil alih DPR.

Sebelumnya FiveThirtyEight sempat melihat probabilita Demokrat mengontrol DPR hanya tinggal 50 persen, turun jauh dari probabilita 90 persen yang terlihat sebelumnya pada 40 menit yang lalu. Sebagai akibatnya “greenback” yang sebelumnya lagi sedang turun menjadi pulih kembali. Kemenangan Demokrat di DPR dilihat sebagai penghalang bagi pemerintahan Trump dan karenanya diperlakukan negatif hasilnya oleh pasar.

EUR/USD lompat kembali naik dan sekarang diperdagangkan di 1.438. Dolar AS kembali ditawarkan untuk dibeli dengen Kongres kemungkinan akan terpecah dua. Kemungkinan untuk Demokrat memenangkan DPR melompat kembali ke 70%, menurut website polling FiveThrirtyEight. Sementara Republikan kemungkinan akan tetap mempertahankan senat.

Jika Republik berhasil mempertahankan baik Senat maupun Dewan, dolar AS akan naik karena pemotongan pajak yang dilanjutkan akan bisa mendorong ekonomi dan memicu kenaikan tingkat bunga lebih lanjut. Selain itu Trump akan semakin berani untuk melanjutkan perang dagangnya dan “greenback” akan menikmati arus masuk “safe haven”. Sebaliknya kemenangan Demokrat di Dewan akan membebani dolar AS untuk alasan yang sebaliknya.

Lebih jauh lagi, dikuatirkan bahwa Demokrat akan menggunakan mayoritasnya di DPR untuk mengejar investigasi masalah keuangan dan hubungan Trump dengan Rusia. Tidak heran kalau dolar AS kehilangan kekuatannya.

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here