Emas Gagal Mempertahankan Keuntungan Hariannya Dan Mundur Ke $1,225

109

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak sempat naik secara moderat pada awal perdagangan sesi AS hari Selasa, di dorong oleh kejatuhan yang tajam dari indeks dolar AS pada hari Rabu kemarin.

Emas berjangka bulan Desember sempat diperdagangkan naik $7.10 per ons pada $1,233.40. Perak Comex bulan Desember sempat diperdagangkan naik $0.175 pada $14.675 per ons.

Meskipuna pada hari Rabu kemarin, emas sempat naik pada awalnya sampai ke $1,236 dan mengetes ketinggian mingguan pada puncaknya, namun gagal untuk menembus lebih tinggi dan tertarik balik kebawah, menghapus semua keuntungan harian. Harga emas turun menjadi $1,225 selama sesi Amerika Serikat dan mendekati akhir dari hari perdagangan dan bertengger di dekat kerendahan dengan nada yang negatif dan datar untuk hari itu.

Emas tertarik kebawah dengan dolar AS mengalami pemulihan diseluruh negeri ditengah rally di Wall Street dan dengan imbal hasil AS bergerak keatas kembali. Emas tetap berada dibawah $1,230 selama konferensi pers Presiden AS Donald Trump.

Pemilihan pertengahan tahun AS pada hari Selasa muncul sebagaimana yang telah diperkirakan oleh banyak orang dimana Republikan memelihara kontrol atas Senat tetapi Demokrat memperoleh control atas DPR. Dunia pasar nampaknya nyaman dengan Kongres AS yang terbelah dua dan kemungkinan terjadi kemacetan atas peraturan baru yang utama selama dua tahun ke depan.

Banyak orang percaya bahwa pemilihan tengah tahun AS yang baru selesai berlangsung kemarin adalah referendum atas “performance” dari Presiden Trump. Banyak orang mengatakan bahwa pemilihan Kongres AS tidak memberikan hasil yang terlalu buruk bagi Trump, memberikan catatan bahwa sejarah menunjukkan partai yang tidak berkuasa cenderung mendapatkan hasil yang lebih baik di dalam pemilihan tengah tahun.

Dolar As semula mengalami penurunan yang solid setelah selesainya pemilihan, karena sudah ada tanda-tanda setiap proposal kebijakan fiskal yang baru dari Trump yang pro-pertumbuhan dan pro-bisnis akan seperti dibenamkan dalam lumpur oleh Kongres dan akhirnya mati. Namun mengakhiri hari Rabu kemarin, dolar AS mengalami pemulihan diseluruh negeri ditengah rally di Wall Street dan dengan imbal hasil AS bergerak keatas kembali.

Pasar saham global bercampur mengarah menguat semalam, dengan saham-saham Eropa kebanyakan naik dan saham-saham Asia bercampur. Indeks saham AS mengarah lebih tinggi secara solid pada pembukaan perdagangan sesi New York.

Sekarang perhatian tertuju kepada pernyataan dari FOMC yang akan dirilis pada hari ini. Diperkirakan tidak akan ada perubahan dalam tingkat bunga bulan ini dan kata-kata yang digunakan oleh the Fed akan diamati dengan teliti.

Secara tehnikal, penurunan harga emas lebih lanjut akan berhadapan dengan “support” pada $1,219, $1,211 dan $1,203 sedangkan kenaikan harga emas akan berhadapan dengan “resistance” pada $1,236, $1,243 dan $1,251.

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here