Rally Saham Global Berikan Untung Pada Bursa Eropa

295

(Vibiznews – Index)-  Perdagangan saham di bursa Eropa  hari Kamis  (08/11) diperdagangkan kuat melanjutkan rally perdagangan sebelumnya yang mendapat dorongan kuat dari rally bursa Wall Street  merespon  hasil  pemilihan Kongres AS. Sentimen tersebut membuat indeks beberapa bursa menguat signfikan setelah bursa saham Asia juga cetak untung besar.

Terpantau indeks Stoxx 600 pan-Eropa naik 0,4 persen dengan hampir semua sektor di zona biru. Indeks bursa saham Inggris FTSE 100 naik sebesar 0,42 %, perdagangan saham Jerman indeks DAX naik 0,53%  demikian juga dengan perdagangan saham di Perancis dengan indeks  CAC 40 naik 0,53%.

Pada hari Rabu hasil pemilihan Kongres AS menunjukkan partai Demokrat memenangkan kendali DPR AS sementara partai Republik mempertahankan kekuasaan mereka di Senat. Investor mengharapkan kebijakan pro-bisnis Trump akan berlanjut, sementara beberapa menyatakan optimisme tentang Kongres memberikan pemeriksaan lebih besar pada tindakan pasar Trump yang lebih mengacau.

Penggerak bursa selanjutnya dari kawasan Eropa, UE akan mempublikasikan perkiraan ekonomi musim gugur  yang juga diikuti oleh Dana Moneter Internasional (IMF) yang menerbitkan prospek ekonomi mereka untuk Eropa. Dari sisi data ekonomi makro, hanya data Jerman yang merah sedangkan ekonomi kawasan Euro untuk trade balance positif.

Sebagai informasi, perdagangan sebelumnya bursa Eropa ditutup rally kuat  dengan indeks  Eropa Stoxx 600 Eropa naik 1,1 persen. Indeks DAX Jerman naik 0,8 persen, indeks CAC 40 Perancis menguat 1,2 persen dan FTSE 100 Inggris naik 1,1 persen.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here