Dolar AS Akhir Pekan Hanya Kuat Lawan Euro dan Poundsterling

347

(Vibiznews – Commodity) – Jelang perdagangan forex sesi Amerika hari Jumat (09/110 posisi dolar AS masih kuat terhadap beberapa rival utamanya kecuali terhadap yen Jepang. Kekuatan dolar AS masih diperoleh dari sentimen kebijakan hawkish Federal Reserve AS semalam yang mempertahankan suku bunga stabil namun menegaskan kembali posisi pengetatan moneternya, untuk kenaikan suku bunga pada bulan Desember.

The Fed telah menaikkan suku bunga utamanya tiga kali tahun ini, dan pasar mengharapkan kenaikan suku bunga lainnya pada bulan Desember yang didukung kondisi ekonomi AS yang kuat, meningkatnya inflasi dan pertumbuhan pekerjaan yang solid.

Terpantau dolar AS hanya menguat terhadap euro, poundsterling dan aussie. Euro diperdagangkan pada $ 1,1352  yang turun 0,09, sedikit dipengaruhi oleh proyeksi pertumbuhan Komisi Eropa yang buruk terhadapa negara anggotanya salah satunya yang paling parah ekonomi Italia.

Sedangkan pound Inggris bergerak dalam kisaran $ 1,3030 yang turun 0,22 persen , namun berpotensi naik kembali oleh meningkatnya ekspektasi investor bahwa Inggris hampir mencapai kesepakatan dengan Uni Eropa, kurang dari lima bulan sebelum keluar dari blok tersebut.

Indeks dolar yang menjadi  ukuran kinerja dolar AS terhadap enam mata uang utama lainnya, diperdagangkan pada posisi 96,77 atau naik 0,05% dari perdagangan sebelumnya. Secara mingguan posisi dolar AS masih mencetak keuntungan mingguan melanjutkan penguatan minggu sebelumnya.

Untuk perdagangan selanjutnya, analyst Vibiz Research Center melihat posisi indeks dolar yang sudah tembus resisten kuatnya sedang turun menuju posisi 96.62 dan jika tembus akan terus terkoreksi ke area pivotnya di posisi 96.45 hingga supportnya di 96.13. Namun jika naik kembali akan naik ke posisi resisten kuat 96.88 dan jika tembus mendaki terus hingga resisten lainnya di atas 97.00

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here