Dolar Bangkit Menghampiri 16 Bulan Tertingginya Lagi, Ekspektasi Kenaikan Bunga Desember

330

(Vibiznews – Forex) – Mata uang dolar AS terpantau bergerak menanjak menuju level tertinggi 16-bulan pada perdagangan Jumat malam WIB (9/11), setelah Federal Reserve AS mempertahankan suku bunganya dan menegaskan kembali posisi pengetatan moneternya, yang menaikan ekspektasi investor untuk kenaikan suku bunga pada Desember.

Greenback sempat turun secara luas setelah pemilihan paruh waktu AS pada Selasa oleh ekspektasi bahwa hasilnya akan membuat langkah-langkah stimulus fiskal lebih lanjut menjadi sulit. Tetapi mata uang dollar itu rebound dan pada hari Jumat kembali mengungguli sebagian besar mata uang utama, didukung oleh ekonomi AS yang kuat dan naiknya suku bunga.

The Fed secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunganya pada bulan Desember, yang akan menjadi kenaikan keempatnya tahun ini.

Kekuatan baru dolar yang diambil dari tensi perang perdagangan, dengan dolar menjadi safe haven dan mendorong euro tergelincir ke $1,13.

Di pasar valuta asing, fokus investor juga bergeser kembali ke perbedaan antara kebijakan moneter Amerika Serikat dengan sejumlah ekonomi negara maju lainnya.

Sementara itu, analis Vibiznews melihat bahwa dolar sudah bangkit rebound dan mendekati lagi level tertinggi 16 bulannya di 97.20. Sesuai perkiraan sebelumnya, maka isyu perang dagang dan ekspektasi kenaikan suku bunga the Fed berikutnya nampaknya sekarang yang mewarnai pasar.

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here