Harga Emas LLG Akhir Pekan Termurah Dalam 1 Bulan

376

(Vibiznews – Commodity) – Harga emas jelang penutupan perdagangan komoditas di pasar internasional akhir pekan pada hari Jumat (09/11) anjlok parah hingga menembus kisaran harga support hariannya secara teknikal. Murahnya harga emas hari ini dipicu oleh bertambahnya kekuatan dolar AS pasca rilis data PPI yang mengesankan.

Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan tingkat harga produsen Amerika Serikat bulan Oktober naik 0,6 persen, setelah bulan sebelumnya hanya 0,2 persen. Data tersebut  merupakan  kenaikan data bulanan terbesar dalam harga produsen sejak bulan September 2012. Karena data PPI ini membuat indeks dolar naik menembus kisaran resistennya.

Harga emas LLG sesi Amerika akhir pekan ini terpantau anjlok  1,20 persen ke kisaran  $1209, yang merupakan harga terendah sejak perdagangan tanggal 10 Oktober 2018. Harga emas memang sudah turun terus secara berturut dalam 6 hari perdagangan. Di awal sesi Asia harga emas berada di posisi $1223.74 setelah perdagangan sebelumnya ditutup pada posisi $1223.21.

Perdagangan sebelumnya harga emas tertekan oleh pengetatan kebijakan moneter bank sentral Amerika atau Fed Reserve yang masih akan terus berlanjut. Meskipun bulan ini Fed tidak melakukan perubahan suku bunganya namun bulan Desember diperkirakan akan menaikkan kembali suku bunganya.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here