Pertumbuhan Ekonomi Inggris di Musim Panas 2018 Tercepat Dalam 2 Tahun

374

(Vibiznews – Economy) – Ekonomi Inggris berkembang pada laju tercepat dalam hampir dua tahun pada kuartal ketiga (Juli-September) tahun 2018 didorong oleh pengeluaran rumah tangga dan ekspor, meskipun ketidakpastian yang meningkat atas kesepakatan Brexit.

Kantor Statistik Nasional (ONS) Inggris melaporkan hari Jumat (09/11) produk domestik bruto negara tersebut naik 0,6 persen secara berurutan setelah meningkat 0,4 persen pada kuartal sebelumnya. Laporan ini merupakan perkiraan awal atau prelim GDP Q32018. Tingkat pertumbuhan ini merupakan yang tercepat sejak akhir 2016 dan sesuai dengan ekspektasi para ekonom.

uk-gdp-110918-lt.jpg

Dari laporan ONS, pengeluaran rumah tangga tumbuh 0,5 persen, sementara investasi bisnis turun 1,2 persen dari tiga bulan sebelumnya. Perdagangan bersih berkontribusi 0,8 poin persentase terhadap pertumbuhan PDB, dengan kenaikan ekspor 2,7 persen dan pertumbuhan datar dalam impor.

Lebih rinci lagi pemerintah London menyebutkan pertumbuhan PDB pada kuartal ketiga didorong oleh ekspansi 0,3 persen pada Juli, yang berasal dari penjualan ritel yang kuat dan efek Piala Dunia.

Terkait dengan investasi bisnis negeri tersebut,  investasi bisnis terkontraksi pada laju tercepat sejak awal 2016 sebagian karena ketidakpastian ekonomi dan masalah politik terkait Brexit. Investasi bisnis jasa melambat menjadi 0,4 persen, tetapi tetap menjadi penyumbang positif terbesar terhadap pertumbuhan PDB.

Sedangkan investasi bisnis konstruksi meningkat menjadi 2,1 persen menyusul awal yang lemah untuk tahun ini dan bisnis manufaktur naik untuk pertama kalinya pada tahun 2018 sebesar 0,6 persen. Terkait peningkatan manufaktur, total produksi tumbuh 0,8 persen pada kuartal ketiga tersebut.

Pada basis tahunan, PDB Inggris telah tumbuh 1,5 persen pada kuartal ketiga sesuai dengan harapan. Pertumbuhan ekonomi Inggris diperkirakan akan tetap lemah pada 1,2 persen di tahun 2019, sedikit lebih rendah dari perkiraan 1,3 persen pada 2018. Bank of England juga telah memperkirakan ekonomi akan tumbuh 1,3 persen tahun ini dan 1,7 persen pada tahun 2019.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group 
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here